Mengenal EFiling Pajak Online Dan Keuntungan Menggunakannya

Mengenal EFiling Pajak Online Dan Keuntungan Menggunakannya

Aplikasi e-Filing Pajak Online-Foto: Tangkapan Layar Mekari.com-

Hal ini ditujukan untuk mengurangi jumlah antrian di Kantor Pelayanan Pajak atau disebut KPP.

Sebelum diberlakukannya E-Filing , kantor KPP selalu saja ramai oleh masyarakat yang ingin memenuhi kewajiban mereka sebagai warga negara yang taat yaitu dengan membayar dan mengurus segala hal terkait perpajakan.

Terlebih lagi pada saat ini sistem dan teknologi semakin canggih dan juga maju, oleh karenanya sistem Efiling pajak online online pun diberlakukan.

Apabila sebelumnya proses pelaporan pajak dilakukan dengan cara harus datang ke tempat KPP, kini dengan adanya reformasi sistem perpajakan maka hal itu tidak lagi diperlukan.

BACA JUGA:Software Attandance Management Sebagai Absensi Online Terpercaya

Kendala Yang Dialami Saat Efiling pajak online Dilakukan Manual

Sebelum dilakukannya E-Filing , pastinya proses lapor pajak sangatlah berbeda dengan yang sekarang. Ada banyak kendala yang dilakukan pada saat Efiling pajak online secara manual masih diterapkan, lalu apa saja hal itu?

Berikut adalah beberapa kendala terkait dengan pemberlakuan pelaporan pajak secara manual:

1. Sebelum diadakannya E-Filing , pihak DJP memiliki banyak beban administrasi yang cukup besar. Beban administrasi ini digunakan untuk melakukan operasi penerimaan, pengelolaan, dan juga pengarsipan SPT di sepanjang tahun.

2. Membutuhkan biaya yang panjang dan juga memakan waktu yang lama untuk melakukan proses penerimaan, pengelolaan, dan juga pengarsipan secara manual.

BACA JUGA:Ikut Instruksi Kapolri, Polresta Bandar Lampung Akan Berlakukan Tidak Tilang Secara Manual

Hal inilah yang kemudian melatarbelakangi diciptakannya sebuah proses penyampaian SPT atau Efiling pajak online secara online. Karena dengan diberlakukannya E-Filing , maka proses yang dilakukan jauh lebih praktis, cepat, mudah, efisien dan juga minim biaya.

Ditambah lagi, pihak DJP jug mengutamakan inovasi berbasis teknologi yang bisa membuat proses administrasi perpajakan di Indonesia menjadi lebih ramping.

Manfaat Efiling pajak online Secara Elektronik

Banyak yang masih belum terlalu paham dengan E-Filing  dan apa saja manfaat dari diberlakukannya Efiling pajak online elektronik ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: