Mengenal EFiling Pajak Online Dan Keuntungan Menggunakannya

Mengenal EFiling Pajak Online Dan Keuntungan Menggunakannya

Aplikasi e-Filing Pajak Online-Foto: Tangkapan Layar Mekari.com-

Sebenarnya e-Filing  tidak jauh berbeda dengan Efiling pajak online secara manual, yang membedakan hanyalah cara penyampaian atau pelaporannya.

Pada E-Filing , cara memberikan laporan dilakukan melalui website resmi badan perpajakan ataupun melalui aplikasi seperti klik pajak. 

Dengan adanya sistem Efiling pajak online secara elektronik, sistem laporan SPT online memberikan banyak manfaat karena bisa mempermudah proses perpajakan, untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa manfaat dari E-Filing :

BACA JUGA:Dinsos Bandar Lampung Klaim Keluarga Makan Dengan Garam Telah Masuk DTKS

• Mempermudah proses merekam data SPT di dalam basis data yang dimiliki DPJ. Apabila sebelumnya proses perekaman data dilakukan secara manual dan menghabiskan banyak waktu, kini laporan perpajakan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

• E-Filing  dapat mengurangi jumlah pertemuan langsung WP dengan petugas pajak. Dengan adanya elektronik Efiling pajak online maka para pelaku WP tidak perlu lagi repot-repot pergi ke pusat pajak untuk melakukan administrasi dan membayar pajak.

• E-Filing  dapat mengurangi antrian dan di KPP dan jumlah pekerja untuk proses penerimaan SPT. Dengan adanya Efiling pajak online elektronik maka jumlah antrian di KPP akan lebih sedikit juga jumlah pekerjaan yang dilakukan di KPP tidak terlalu banyak dan padat.

• Mengurangi jumlah berkas secara fisik atau dokumen kertas. Dengan adanya pemanfaatan teknologi seperti E-Filing  maka akan mengurangi jumlah berkas yang dicetak menggunakan kertas. Selain itu juga untuk mengurangi risiko dokumen rusak ataupun hilang saat disimpan.

BACA JUGA:Bikin Iri Netizen, Sohwa Halilintar Duet Bareng Anne Marie

Pentingnya Penggunaan Efiling pajak online Elektronik

Penggunaan E-Filing  sangatlah penting karena dengan adanya cara laporan secara online membuat proses penerimaan data menjadi lebih cepat dan mudah.

Berikut adalah beberapa alasan pentingnya E-Filing :

• Proses Efiling pajak online elektronik membuat kita bisa melakukan pelaporan pajak dimana pun dan kapanpun. 

• Proses melakukan Laporan SPT menjadi lebih cepat dan dan juga real time.

• E-Filing  merupakan aplikasi yang user friendly sehingga mudah digunakan. Anda juga bisa langsung menggunakan klik pajak untuk melakukan pelaporan pajak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: