Tumpukan Sampah Sumbat Aliran Sungai di Way Khilau, Ini Kondisi Terkini

Tumpukan Sampah Sumbat Aliran Sungai di Way Khilau, Ini Kondisi Terkini

Alat berat diturunkan untuk membersihkan sampah yang tersangkut di jembatan Way Lipang. FOTO DOKUMEN CAMAT WAY KHILAU --

PESAWARAN, RADARLAMPUNG.CO.ID - Menginjak empat hari, luapan air Way Lipang yang merendam sekitar 25 rumah di Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Way Khilau berangsur surut. 

Itu setelah alat berat diturunkan untuk membersihkan tumpukan sampah yang tersangkut di jembatan Way Lipang.

"Kita support kepala desa untuk membersihkan sampah yang terangkut dengan menggunakan alat berat dan bersama-sama warga, bergotong royong," kata Camat Way Khilau Nazam Roni, Kamis 27 Oktober 2022.

Nazam mengungkapkan, banyaknya tumpukan sampah seperti kayu besar dan lainnya membuat aliran air di Way Lipang tersumbat. Ini menyebabkan luapan air hingga ke pemukiman.

BACA JUGA: Tangani Banjir, Pemkab Tanggamus Dirikan Dapur Umum dan Perbaiki Tanggul Jebol

"Sudah tiga jam alat berat bekerja dan gotong-royong warga untuk membersihkan tumpukan sampah yang tersangkut. Alhamdulillah saat ini aliran air sudah lancar dan banjir mulai surut," sebut Nazam. 

Dilanjutkan, debit air yang tinggi di Way Kijing, juga menjadi faktor aliran Way Lipang terhambat. Mengingat, Way Kijing juga sudah tidak sanggup menampung luapan air.


Kondsi banjir di Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Way Khilau, Pesawaran. FOTO TANGKAP LAYAR -- 

"Mudah-mudahan jam 19.00 WIB malam ini, banjir sudah surut. Tidak ada korban jiwa. Namun kita tetap waspada. Karena saat ini sudah masuk puncak musim hujan," tegasnya. 

Diberitakan sebelumnya, hujan yang mengguyur sejak Senin sore, 24 Oktober hingga Selasa 25 Oktober menyebabkan sungai Way Bulog dan Way Mada meluap. 

BACA JUGA: 76 Rumah Warga Lampura Terdampak Angin Kencang, Bantuan dari Pemerintah Berdatangan

Luapan air sungai merendam puluhan rumah di Dusun Rawa Kijing, Desa Sindang Garut, Kecamatan Way Lima.

"Ada sekitar 68 rumah di Dusun Rawa Kijing yang terendam. Rata-rata ketinggian sekitar satu meter," kata Camat Way Lima Al Ikhsan Iskafi, Selasa 25 Oktober 2022.

Al Ikhsan Iskafi menuturkan, saat ini warga masih waspada. Mengingat hujan masih mengguyur dan jika terjadi hujan hingga sore ini, dikhawatirkan sungai Way Bulog dan Mada Jaya tidak mampu menampung debit air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: