Gelar Seminar Hari Jalan, BPJN Lampung Dorong Percepatan Penyerapan DAK

Gelar Seminar Hari Jalan, BPJN Lampung Dorong Percepatan Penyerapan DAK

BPJN--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Gelar seminar hari Jalan 2022 di Hotel Radisson, Bandar Lampung pada Kamis, 27 Oktober 2022. Dalam pembahasannya, Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Lampung meminta daerah segera melakukan penyerapan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk jalan.

Hal ini disampaikan Rien Marlia, Kepala BPJN Lampung yang hadir dalam kegiatan tersebut.

"Dari catatan kami, hingga saat ini capaian serapan DAK, untuk jalan itu baru mencapai 30,87 persen dari total anggaran Rp414 miliar," ungkap Rien.

Sementara untuk progres fisik pengerjaannya juga baru 45,11 persen. Karenanya, Rien mendorong percepatan penyerapan anggaran tersebut agar bisa digunakan untuk perbaikan jalan baik tingkat provinsi maupun jalan kabupaten/kota.

BACA JUGA:Anies Baswedan Dijadwalkan Bertemu Ahmad Heryawan, Pengamat Sebut Pasangan Ini Berkompeten Atasi Persoalan Ban

Dia melanjutkan, BPJN Lampung selama ini membantu mengasistensi Pemda dalam mengusulkan perbaikan jalan  pemda yang menggunakan DAK tersebut. Sehingga bisa diterima dalam pengusulan jalannya.

"Pengusulannya tidak melalui kami, tapi kami membantu melakukan asistensi persiapannya. Kita akan bantu melihat dan review desain nya, lahannya apakah bebas apa tidak. Terus juga tematik apakah daerah itu menuju kawasan atau bukan. Itu akan menentukan," tambah Rien.

Namun diakui Rien, biasanya saat bulan Juni hingga Juli masih dalam proses tender. Selanjutnya saat ini tengah dalam proses pengerjaan.

BACA JUGA:Rumah Ini Mendadak Viral Karena Berada di Samping Batu Ukuran Raksasa

"Karenanya kemungkinan kalau saat ini masih belum terlihat serapan anggaran nya. Paling tidak ya akhir Desember nanti bisa tergambar, kami harap ya bisa seluruhnya diserap," tambahnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: