Bupati Tanggamus Hadiri Panen Sayur Kelompok Wanita Tani

Bupati Tanggamus Hadiri Panen Sayur Kelompok Wanita Tani

Bupati Tanggamus Dewi Handajani menghadiri kegiatan panen sayur KWT di Pekon Kejayaan, Kecamatan Talang Padang. FOTO DISKOMINFO TANGGAMUS--

TANGGAMUS, RADARLAMPUNG.CO.IDBupati Tanggamus Dewi Handajani menghadiri panen sayur Kelompok Wanita Tani (KWT) di Balai Pekon Kejayaan, Kecamatan Talang Padang. 

Dalam sambutannya Dewi Handajani menyatakan, momen tasyakuran seperti ini cukup baik. Sebab akan terbangun komunikasi dan silaturahmi lebih erat lagi antar sesama anggota KWT dengan pemerintah pekon dan pemkab.

”Persatuan dan kesatuan di antara elemen masyarakat seperti para anggota KWT jadi tetap terjaga,”kata Dewi Handajani dalam sambutannya. 

Selanjutnya Dewi Handajani berharap kepada para anggota KWT agar dalam kegiatan usaha pertanian, dapat menciptakan suatu terobosan dan inovasi, sehingga hasil komoditas pertaniannya dapat bernilai lebih.     

BACA JUGA: Nenek Korban Kebakaran yang Kediamannya Dibakar Cucu Tempuh Jalur Damai

Jangan hanya cukup menjual atau memasarkan hasil pertanian dan hasil kebunnya saja. Namun kalau bisa menjadi bahan baku agar diolah sedemikian rupa sehingga menjadi komoditas lain yang memiliki nilai jual tinggi.    

Misal petani kopi. Kalau menjual biji kopi langsung, maka harganya ditentukan oleh pembeli. Tapi jika biji kopi diolah menjadi bubuk yang memiliki cita rasa berbeda, maka nilai jualnya bakal lebih tinggi. 

Terlebih lagi anggota KWT memiliki kedai atau warung kopi di sekitar tempat tinggalnya. Tentu nilai harga dan keuntungan akan semakin tinggi pula.

”Begitu juga dengan petani jahe. Jika kita jual jahe saja, harganya bisa naik turun. Karena pembeli yang menentukan harga. Tetapi jika kita jual dalam bentuk serbuk, maka ibu-ibu anggota KWT yang menjual, yang bisa menentukan harga,” ujarnya.    

BACA JUGA: Akibat Banjir, Akses Jalan Utama Desa Suak Sidomulyo Lamsel Rusak Parah, Ini Kata Wabup Lamsel

Artinya, jika mau mengolah sedikit saja, maka keuntungannya berlipat. Terlebih mengolahnya menjadi lebih dengan penampilan kemasan yang baik dan menarik.

”Kami dari pemerintah daerah senantiasa berupaya serius memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh masyarakat,”tegas Dewi Handajani. 

Pemerintah kabupaten juga selalu merespons persoalan-persoalan yang dihadapi oleh masyarakat. Ini tentu menjadi komitmen dalam upaya mewujudkan visi dan misi guna memberikan kesejahteraan taraf hidup masyarakat secara merata.

Kepala Pekon Kejayaan dalam laporannya menyatakan, panen sayuran yang dikelola anggota KWT berjalan dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: