3 Desa di Mesuji Jadi Target Kampanye Gemarikan

3 Desa di Mesuji Jadi Target Kampanye Gemarikan

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mesuji, Ripriyanto--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Perikanan Kabupaten Mesuji jadikan tiga desa stunting sebagai target dari kampanye gerakan mayarakat gemar makan ikan (Gemarikan) langkah tersebut sebagai bagian dari upaya meningkatan standar gizi pada tiga desa tersebut.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mesuji, Ripriyanto mengatakan, pada tahun 2022, pihaknya telah menyelenggarakan kegiatan kampanye Gemarikan sebanyak tiga kali.

"Targetnya yakni 3 desa stunting yang ada di Mesuji. Sasaran utama dari kampanye Gemarikan," ungkap Ripriyanto, Senin 31 Oktober 2022.

Kegiatan kampanye Gemarikan pertama, dilakukan di Desa Tanjungsari, Kecamatan Tanjung Raya, Mesuji kegiatan kampenye gemarikan dilaksanakan pada 13 Oktober 2022 dan dibuka langsung oleh Ketua Forikan Kabupaten Mesuji Pori Karlia Sulpakar.

BACA JUGA:Polres Mesuji Berikan Umroh kepada Anggota yang Disiplin

Kemudian, yang kedua kampanye gemarikan dilakukan di Desa Talang Batu, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji pada 20 Oktober 2022 lalu.

Kemudian terakhir, kampanye gemarikan dilaksanakan di Desa Tri Tunggal Jaya, Kecamatan Way Serdang, Kabupaten Mesuji pada 28 Oktober 2022.

Dijelaskannya, program gemarikan di Mesuji sendiri meliputi pembagian makanan serba ikan dan paket olahan ikan pembagian makanan serba ikan dan paket olahan ikan ini diberikan kepada ibu hamil, bayi usia di bawah dua tahum, balita, dan anak SD.

"Tahun 2022 ini ada 15 desa stunting, kami laksanakan Gemarikan di 3 desa tersebut, yang lainnya akan dilanjutkan di tahun anggaran berikutnya," jelasnya.

BACA JUGA:Setelah Pendataan dan Verifikasi Awal, Pegawai Non ASN Lampung Timur Capai 3.841

Ripriyanto mengungkapkan, bahwa Gemarikan sendiri dilaksanakan dalam rangka memperingati hari ikan nasional (harkannas) ke-9 tahun 2022.

Kegiatan tersebut ditunjukkan untuk mengedukasi dan memotivasi masyarakat Mesuji agar semakin meningkatkan konsumsi ikan sebagai bahan pangan konsumsi keluarga.

"Mengkonsumsi ikan merupakan langkah nyata dalam penurunan angka prevalensi stunting disuatu daerah," ucapnya.

Selain itu, dengan mengkonsumsi ikan dapat memperoleh sumber protein hewani yang sangat baik untuk pertumbuhan sel-sel tubuh manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: