Menjauh Dari TNBBS, Kawanan Gajah Dekati Pemukiman di Suoh

Menjauh Dari TNBBS, Kawanan Gajah Dekati Pemukiman di Suoh

Belasan ekor gajah liar asal TNBBS sempat mendekati pemukiman di Pekon Tugu Ratu, Kecamatan Suoh Lampung Barat. --

BACA JUGA: Korban Perundungan Dilaporkan Balik Tindak Pidana Pencurian

Bahkan kehadiran kawanan hewan berbelalai asal Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) ini sempat menjadi tontonan warga. 

Kepala Bidang TNBBS Wilayah II Liwa Amri melalui Kepala TNBBS Resort Suoh Sulki mengatakan, dalam dua hari terakhir, penggiringan terus dilakukan.

Kegiatan tersebut melibatkan petugas dari TNBBS Resort Suoh, Wcs-IP, Barista Lembah Suoh, Satgas Pekon (perwakilan) Hantatai, Gunung Ratu, Suka Marga, Ringin Sari, Sumber Agung dan Tugu Ratu.

”Kami terus melakukan penggiringan agar kawanan gajah tersebut menjauh dari pemukiman penduduk dan kembali ke hutan rimba,” kata Sulki, Jumat 21 Oktober 2022. 

BACA JUGA: Warga Lampung Barat Dengar Suara Gaduh di Kandang Kambing, Ternyata…

Sulki menuturkan, saat ini penggiringan gajah sudah berada di Umbul Batu dan mengarah ke Gunung Merah. Masuk ke wilayah Pekon Tugu Ratu

Sebelumnya, kawanan gajah sempat mendekati pemukiman dan sekolah. Bahkan hanya berjarak puluhan meter dari jalan raya.

Belasan ekor gajah juga sempat memasuki pemukiman di Pemangku Taman Sari, Pekon Tugu Ratu, Kecamatan Suoh, Lampung Barat. 

Menurut anggota Satgas Penanganan Konflik Gajah Liar Sugeng Hari Kinaryo Adi, setidaknya dua hari kawanan gajah mendekati pemukiman.

BACA JUGA: Bupati Dewi Handajani Resmikan Taman Lalu Lintas Sanika Satyawada

Dengan kesigapan Satgas, akhirnya kawanan satwa berbelalai tersebut bisa dihalau. Saat ini berada cukup jauh dari pemukiman.

”Sempat masuk ke Pemangku Taman Sari. Tetapi Alhamdulillah berkat kesigapan petugas, akhirnya kawanan gajah ini bisa digiring menjauh dan kini berada di sekitar Gunung Merah, dan sudah memasuki wilayah Resort Sukaraja, Tanggamus,” ungkap Sugeng, Senin 10 Oktober 2022. (*) 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: