Instalasi PLN Dua Pekon di Suoh Masuk Roadmap PLN 2023

Instalasi PLN Dua Pekon di Suoh Masuk Roadmap PLN 2023

Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus menyatakan pemasangan instalasi listrik di Pekon Roworejo dan Sidorejo, Kecamatan Suoh, masuk dalam roadmap PLN tahun 2023.--

LAMPUNG BARAT, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemasangan instalasi listrik di Pekon Roworejo dan Sidorejo, Kecamatan Suoh, Lampung Barat masuk dalam roadmap PLN tahun 2023.

Hal tersebut disampaikan Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus saat menyampaikan jawaban pemerintah terhadap pemandangan umum fraksi dalam pembahasan RAPBD 2023 di ruang sidang Marghasana, Rabu 2 November 2022. 

Menurut Parosil, berdasar Peraturan Pemerintah Nomor 22/2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, setiap rencana usaha dan/atau kegiatan yang berdampak terhadap lingkungan hidup wajib memiliki Amdal, UKL-UPL atau SPPL.

Rencana usaha dan/atau kegiatan yang lokasinya berada di dalam kawasan hutan lindung, meliputi rencana usaha dan/atau kegiatan yang dapat dilakukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

BACA JUGA: Waspada! Urine Hewan Ini Bisa Sebabkan Penyakit Leptospirosis

"Untuk memenuhi maksud PP Nomor 22/2021, saat ini progres pembangunan jaringan listrik Sidorejo dan Roworejo masih dalam tahap pengurusan dokumen lingkungan," kata Parosil. 

Dilanjutkan, mengingat dokumen lingkungan ini harus melalui proses lelang, saat ini PLN sedang dalam proses lelang dokumen lingkungan. 

Setelah lelang selesai dan dokumen lingkungan disahkan, baru PLN membangun jaringan listrik Sidorejo dan Roworejo dengan berpedoman pada dokumen lingkungan tersebut.

"Selanjutnya, untuk wilayah Pekon Banding Agung dan Bandar Agung, telah diajukan proposal oleh masyarakat pekon,” ujarnya. 

BACA JUGA: Gara-gara Siswi SMA, Pemuda di Pringsewu ‘Dijemput’ Polisi

Proposal telah disampaikan ke PLN Unit Induk Distribusi Lampung dan PLN Unit Layanan Pelanggan Liwa untuk kemudian diproses lebih lanjut sesuai dengan ketentuan.

Sementara terkait upaya mengatasi permasalahan akses internet, Pemkab Lampung Barat telah mengajukan permohonan bantuan akses internet ke Badan Aksesibilitas Teknologi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk pekon atau kelurahan yang susah sinyal. 

Ini termasuk di wilayah Pekon Roworejo dan Pekon Sidorejo yang bantuan akses internetnya sudah beroperasi sejak 8 April 2021 di kantor pekon. 

"Pemkab Lampung Barat juga telah berupaya mengajukan permohonan pembangunan BTS ke Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui program bantuan pembangunan BTS untuk desa non 3T," tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: