Berstatus PTNBH, Universitas Terbuka Janji Akan Sesuaikan Kebutuhan Masyarakat

Berstatus PTNBH, Universitas Terbuka Janji Akan Sesuaikan Kebutuhan Masyarakat

Direktur Universitas Terbuka (UT) Lampung,Dra.Sri Ismulyaty,M.Si didampingi Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan Universitas Terbuka Ir. Adi Winata, M.Si berfoto bersama lulusan terbaik Wisuda Daerah Periode II Tahap I UT masa Yudis--

BANDARLAMPUNG,RADARLAMPUNG.CO.ID -Universitas Terbuka Lampung menggelar wisuda daerah Periode Il Tahap I Universitas Terbuka Tahun 2022 masa Yudisium 2022.1 dan 2022.2 yang berlangsung secara Offline di Balai Krakatau, Kemiling,Bandar Lampung pada hari Kamis,3 November 2022.

Manager Registrasi dan Ujian UT, Lampung Sugiyanto, S.IP membacakan SK Rektor Universitas Terbuka (UT) Bandar Lampung Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D tentang Pengukuhan Kelulusan dimana Azwar Gusti IPK 3.74 dari Prodi S-1 Hukum.Jurusan Hukum Humaniora.Fak.Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ditetapkan sebagai Lulusan Terbaik Pada Penyelenggaraan Wisuda Daerah Periode II Tahap I Universitas Terbuka Tahun 2022 masa Yudisium 2022.1 dan 2022.2.

Kemudian, menetapkan HMPTI Tulang Bawang dari Kab.Tulang Bawang sebagai POKJAR/SALUT dengan Mahasiswa Baru Terbanyak Masa Registrasi 2022.2.

Wisuda Daerah UT dibuka secara resmi oleh Direktur UT Lampung, Dra.Sri Ismulyaty,M.Si. Ia menyampaikan Pandemi Covid-19 selama 2,5 tahun Kegiatan komunikasi yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka, digantikan komunikasi yang dimediasi oleh teknologi. 

Proses belajar mengajar yang sebelumnya dilakukan di ruang-ruang kelas, kemudian di masa pandemi dilakukan melalui ruang-ruang virtual. Tak hanya proses belajar mengajar, pelaksanaan wisuda pun berlangsung secara virtual. 

"Alhamdulillah setelah 2.5 tahun kita melaksanakan wisuda secara virtual maka saat ini menjadi momentum pertama pelaksanaan Wisuda Daerah Universitas Terbuka Lampung secara tatap muka setelah Pandemi Covid 19," katanya.

Sri mengatakan jumlah peserta Yudisium pada UPBJJ-UT Bandarlampung (UT Lampung) Periode II Tahap 1 dan Tahap II Masa Yudisium 2022.1 yang terdiri dari 3 SK Yudisium yang berjumlah 2.293 lulusan mahasiswa baik diploma, sarjana maupun pascasarjana, dengan rincian sebagai berikut.

Kab.Tulang Bawang (149), Kab.Tulang Bawang Barat (14), Kab.Mesuji (41), Kab.Lampung Utara (128), Kab.Waykanan (141), Kab.Lampung Barat (72), kab. Lampung Tengah (432), Kab. Lampung Timur (212),Kab.Tanggamus (316), Kab.Pringsewu (146), Kab.Pesawaran (98), Kab.Lamsel (265), Kota Bandarlampung (211), Kota Metro (53), Pesisir Barat (10), dan Provinsi Lain (Diluar Provinsi Lampung).

Dengan jumlah lulusan yang sebanyak ini, Penyelenggaran Wisuda Periode II masa yudisium 2022.1 Universitas Terbuka Lampung dibagi dalam 2 tahap. 

Oleh sebab itu, Sri menyampaikan seiring dengan perubahan status dari Mahasiswa menjadi Wisudawan ini, berubah pula tanggung jawab yang saudara-saudara pikul.

"Ketika menjadi mahasiswa, saudara-saudara memikul tanggung jawab akademik dominan. Mulai hari ini, tanggung jawab sosial yang dipikul akan semakin berat," jelas dia.

Sri juga menyampaikan bahwa Universitas Terbuka Lampung menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Unggul dan Berkarakter. "Apa apa saja mereka telah didapatkan selama kuliah di Universitas Terbuka dapat diimplementasi ilmu mereka sesuai masing prakteknya di dunia kerja," katanya.

Mewakili Rektor, Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan Universitas Terbuka, Ir. Adi Winata, M.Si menyampaikan bahwa Universitas Terbuka yang telah berusia 38 tahun dimana Pengembangan Bahan ajar secara digital dan tutorial secara virtual serta penyedian Bank Soal. 

Terlebih, Universitas Terbuka status berubah PTNBH (Perguruan tinggi Nasional Berbadan Hukum) bisa menyesuaikan kebutuhan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: