Usai Penetapan DPT, Pemkab Pesawaran Deklarasi Pilkades Damai

Usai Penetapan DPT, Pemkab Pesawaran Deklarasi Pilkades Damai

Verifikasi berkas bakal calon kades di Balai Desa Bagelen, Kecamatan Gedongtataan, Rabu 21 September 2022. FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID--

PESAWARAN, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemilihan kepala desa serentak pada 27 desa di Pesawaran memasuki tahapan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dalam waktu dekat akan digelar deklarasi Pilkades damai 

Selain deklarasi damai, rencananya akan digelar e-voting pilkades di Desa Paguyuban, Kecamatan Way Lima.

"Penetapan DPT sudah dilaksanakan. Segera kita gelar deklarasi Pilkades damai, sebelum kampanye," kata Kepala Dinas PMD Pesawaran Zuriadi.

Zuriadi mengungkapkan, untuk tata tertib pelaksanaan kampanye sudah diatur dalam Peraturan Bupati Pesawaran.

BACA JUGA: Bulan Imunisasi Anak Sekolah Sasar 16.829 Siswa SD di Lampung Barat

"Kaitan dengan tata tertib kampanye, sudah diatur dalam perbup," ujarnya. 

Dilanjutkan, terkait pandemi Covid-19, tahapan pelaksanaan Pilkades hingga hari H tetap mengikuti aturan protokol kesehatan. 

Mulai dari kampanye hanya tiga hari dan diatur tidak boleh ada pengerahan massa. Kemudian pembatasan jumlah masyarakat yang akan mencoblos di TPS

"Tetap mengedepankan prokes. Tidak boleh ramai, maksimal 50 orang dan bisa dibeberapa titik. Saat ini kita sudah mulai cetak surat suara, tahapan tetap on progres," pungkasnya.

BACA JUGA: Survei Calon Rektor Labpolotda JIP FISIP Unila, Ada Nama Rocky Gerung dan Mahfud MD

Beberapa waktu lalu, Pelaksana Harian (Plh.) Sekretaris Kabupaten Pesawaran Syukur menegaskan agar panitia Pilkades tingkat kabupaten benar-benar selektif dalam verifikasi berkas bakal calon kepala desa.

"Saya meminta jajaran terkait harus selektif dalam memverifikasi kelengkapan berkas," tegas Syukur saat meninjau verifikasi berkas bakal calon kades di Balai Desa Bagelen, Kecamatan Gedongtataan, Rabu 21 September 2022.

"Manakala ada kekurangan administrasi, dapat melengkapi sesuai dengan jadwal yang ditentukan," imbuh Syukur.

Khusus kepada bakal calon incumbent, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra ini meminta agar panitia jeli dan teliti dalam memverifikasi kelengkapan berkas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: