Jaksa Beber Modus Karomani Masukkan Mahasiswa Titipan

Jaksa Beber Modus Karomani Masukkan Mahasiswa Titipan

Jaksa penuntut umum KPK membacakan dakwaan untuk terdakwa Andi Desfiandi, di Pengadilan Tipikor Tanjungkarang, Rabu 9 November 2022--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Jaksa penuntut umum KPK membacakan dakwaan untuk terdakwa Andi Desfiandi, di Pengadilan Tipikor Tanjungkarang, Rabu 9 November 2022.

Dalam dakwaan jaksa, terungkap cara Karomani memasukkan mahasiswa titipan yang ingin masuk menjadi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung melalui jalur mandiri. 

Jaksa penuntut umum KPK Agung Satrio Wibowo menguraikan setelah mendapat mahasiswa titipan dari Andi Desfiandi, Karomani kemudian melakukan rapat penerimaan mahasiswa SNMPTN di Jakarta pada 15 Juli 2022 di Harris Vertu Hotel Harmoni di Jalan Hayam Wuruk Jakarta Pusat bersama-sama.

Saat itu, Karomani bersama Heryandi (Wakil Rektor I Unila) juga sebagai penanggung jawab Tim Pengelola Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Lampung Tahun 2022 dan Helmy Fitriawan (Dekan Fakultas Teknik Unila) yang juga sebagai ketua Tim Pengelola Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Lampung Tahun 2022. 

BACA JUGA:Tok! Hakim PN Kotabumi Bebaskan Aktivis Perempuan Bunda Merry

Mereka kemudian menerima username dan password dari Panitia Rapat Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru SNMPTN Barat untuk dapat mengakses sistem aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru SNMPTN Wilayah Barat.

Setelah menerima username dan password tersebut, Karomani kemudian memberikannya kepada Helmy Fitriawan agar dapat membantu Karomani untuk memasukkan nama-nama mahasiswa yang sudah dititipkan kepada Karomani.

"Setelah masuk ke dalam sistem, Karomani, Helmy Fitriawan lalu memasukkan nama-nama mahasiswa titipan tersebut dengan cara Karomani dan Heryandi membacakan nama-nama mahasiswa titipan yang diantaranya adalah atas nama ZY dan ZA. Kemudian Helmy Fitriawan memasukkan nama mahasiswa tersebut ke dalam sistem untuk dinyatakan statusnya menjadi lulus," urai jaksa penuntut umum KPK Satria Agung Wibowo.

Pada 16 Juli 2022, Panitia SNMPTN Barat meminta para Rektor Perguruan Tinggi Negeri Peserta SNMPTN Barat 2022 untuk melakukan validasi hasil kelulusan SNMPTN Barat 2022.

BACA JUGA:Ribuan Pil Hexymer Masuk ke Lampung Timur Dengan Cara Ini

Karomani kemudian meminta Helmy Fitriawan selaku Kepala Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK) Universitas Lampung dan juga sebagai Humas Tim Pengelola Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Lampung Tahun 2022 untuk datang ke rumah pribadi Karomani di Jl. Komarudin 12, Rajabasa Jaya.

Mereka kemudian melakukan pemeriksaan dan validasi data untuk memastikan nama-nama calon mahasiswa titipan itu masuk sebagai mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Unila.

Pada 18 Juli 2022 ZY dan ZA dinyatakan lulus sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran Unila melalui jalur mandiri.

BACA JUGA:Pasutri Nekat jadi Pelaku Curas, Alasannya Bikin Miris..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: