Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim menerima kunjungan kerja Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim menerima kunjungan kerja Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim menerima kunjungan kerja Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional-Biro Adpim Pemprov Lampung-

RADARLAMPUNG.CO.ID-Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim menerima kunjungan kerja Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) Laksamana Madya TNI Harjo Susnoro di Ruang Rapat Utama, Kantor Gubernur Lampung, Selasa 9 November 2022.

Kunker Wantannas tersebut dalam rangka Peningkatan Kesadaran Bela Negara Menghadapi Era Society 5.0 Dalam Rangka Keamanan Nasional. 

Dalam sambutannya, Wagub Nunik mengatakan kegiatan ini sangat urgen dan strategis sebagai salah satu upaya dalam memberikan kontribusi positif bagi upaya-upaya pembelaan negara secara terencana dan berkelanjutan. 

Menurutnya, upaya bela negara pada dasarnya merupakan  bentuk perwujudan hak dan kewajiban seluruh warga negara. 

"Sehingga perlu upaya peningkatan kesadaran belanegara dan wawasan kebangsaan," ujarnya. 

Wagub Nunik juga berpendapat potensi nasional yang sangat melimpah terhadap Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki menjadi sumber kekuatan dan akan menjadi suatu ancaman juga bagi bangsa Indonesia jika tidak dikelola dengan sebaik-baiknya. 

Untuk itu ia menyatakan bahwa negara bertanggung jawab atas keamanan dan kesejahteraan bagi seluruh warga negara.

Seperti diketahui, srategi pertahanan negara Indonesia menggunakan strategi pertahanan yang bersifat semesta yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah, dan sumber daya nasional lainnya. 

Upaya ini, menurut Wagub Nunik, telah dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah, dan berlanjut untuk menegakkan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dari segala ancaman. 

"Pengelolaan akan potensi nasional tersebut diatur dalam sistem pertahanan negara bangsa Indonesia yang disusun dalam rangka antisipatif untuk mempersiapkan diri dari segala kemungkinan ancaman yang timbul baik yang berasal dari luar dan dari dalam negeri," ujarnya. 

Sebagai salah satu pendekatan konseptual dalam mengatasi berbagai persoalan bangsa tersebut, Wagub Nunik berpendapat perlu membangkitkan kembali kesadaran pada semangat persatuan bangsa, nasionalis maupun patriotisme melalui upaya kesadaran bela Negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, khususnya bagi generasi muda. 

Wagub Nunik berharap, kunker ini menjadi momentum yang baik untuk bersama-sama menjaga ketahanan semangat dan saling menyemangati dan saling mengingatkan atas kesadaran bela negara. 

Pada kesempatan yang sama, Sekjen Wantannas Harjo Susnoro mengatakan ketahanan negara bukan hanya merupakan tanggung jawab pemerintah tapi juga merupakan tanggung jawab semua pihak. 

Untuk itu, ia mengajak kepada semua pihak bersama-sama menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tetap utuh dan nyaman berada didalamnya. 

"Tanggung jawab NKRI tidak bisa diserahkan secara parsial saja ke pemerintah atau daerah tertentu tapi merupakan tanggung jawab bersama secara proporsional dan profesional sesuai dengan tugas kita masing-masing," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: