Tim Dosen Teknik Industri ITERA Eksplorasi Potensi dan Promosi Pariwisata Pulau Pisang

Tim Dosen Teknik Industri ITERA  Eksplorasi Potensi dan Promosi Pariwisata Pulau Pisang

Ketua Tim PKM Dosen Teknik Industri ITERA,Lina Aulia mengeksplorasi Potensi dan Promosi Pariwisata Pulau Pasang, Kabupaten Pesisir Barat. Foto Tim PKM Dosen Teknik Industri ITERA--

BANDARLAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID -Tim Dosen Teknik Industri Institut Teknologi Sumatera (ITERA) malaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM)  dengan tema eksplorasi potensi dan program promosi pariwisata di Pulau Pisang, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung pada Selasa - Rabu (26-27 Juli 2022).

Tim beranggotakan civitas akademika teknik industri Itera yaitu Ketua Tim PKM sekaligus Dosen Teknik Industri ITERA, Lina Aulia bersama beberapa anggota tim PKM ITERA yakni Muhammad Iqbal, M Zaky Hadi, Elvi Armadani, Opi Sumardi dan Maya Riska Framayani serta 3 orang mahasiswa teknik industri yaitu Pauzi Saputra, Lucky Al Irfan, dan Intan Hidayatin. 

Tim disambut oleh Hefni sebagai kepala desa/kepala pekon/pertain sekaligus sebagai mitra pengabdian masyarakat. 

Ketua Tim PKM sekaligus Dosen Teknik Industri ITERA, Lina Aulia menjelaskan Pulau pisang menawarkan wisata alam dan pantai samudra hindia nan eksotik dan instagramable yang tidak dimiliki oleh Kawasan wisata lainnya. "Pantainya yang indah, kawanan lumba-lumba, dan pengolahan ikan Blue Marlin untuk pasar ekspor yang bisa menjadi kekhasan Pulau Pisang," sebut Lina. 

Dijelaskan Lina, Kegiatan dilakukan dengan eksplorasi kekayaan alam Pulau Pisang, dimulai dari wisata bukit barisan selatan selama perjalanan dari Bandar Lampung ke Krui. "Sebelum menyebrang ke Pulau Pisang, iringan lumba-lumba selama penyebrangan perahu dari Krui menuju Pulau Pisang," tambah Lina.

Lina juga menyampaikan bahwa Pantai dengan ombak yang sangat potensi dijadikan wahana Surfing, Kawasan Pantai yang sangat bersih dengan batuan karang alami yang menambah indah kawasan tersebut.

Bahkan, pengolahan ikan Marlin yang dikenal langka namun tersedia melimpah di laut sekitaran pulau pisang, penduduk yang ramah dan peduli kebersihan pulau, serta cottage penginapan yang tersedia di Pulau Tersebut.

“Potensi pariwisata perlu promosi yang baik untuk menarik minat pengunjung datang ke Pulau Pisang. Salah satu promosi yang efektif di era ini adalah melalui sosial media seperti Instagram dan Tik Tok.  Masyarakat Pulau Pisang mampu melakukan itu mengingat akses internet sudah cukup baik di Pulau Pisang," jelasnya. 

Sementara, Anggota Tim PKM ITERA sekaligus Dosen teknik industri Itera, Muhammad Iqbal menambahkan hasil ekspolarasi tersebut kepada perangkat desa dan masyarakat Pulau Pisang termasuk peluang-peluang pengembangan bisnisnya. 

"Kegiatan juga menyampaikan cara-cara promosi kekinian via sosial media seperti Instagram dan Tik Tok dan manajemen pengelolaan bisnis baik untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Pisang sehingga bisa meningkatkan aktivitas ekonomi penduduk di Pulau Pisang," pungkasnya.  (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: