UBL Riset Bersama Diskominfotiksan Pemkab Pesawaran

UBL Riset Bersama Diskominfotiksan Pemkab Pesawaran

Mahasiswa MBKM UBL bersama Tim Dosen Peneliti UBL dan Pemkab Pesawaran bakal rancang bangun Platform One Centre dengan Arsitektur Teknologi 4.0 untuk Integrasi Layanan Pada Ekosistem Data. Foto-foto Tim Peneliti Dosen UBL--

Rancang bangun Platform One Centre dengan Arsitektur Teknologi 4.0 untuk Integrasi Layanan pada Ekosistem Data

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Universitas Bandar Lampung (UBL) dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Pesawaran (Diskominfotiksan Kab.Pesawaran), tengah melakukan riset bersama merancang bangun Platform One Centre dengan arsitektur teknologi 4.0 untuk integrasi layanan  pada ekosistem data. 

Inovasi yang dihasilkan pada penelitian ini yaitu komputasi tepi dan layanan mikro terhadap data yang di tanamkan pada setiap OPD untuk meningkatkan kemampuan berbagi pakai data dan informasi pada layanan publik yang sudah menggunakan sistem elektronik di Kabupaten Pesawaran sehingga tidak perlu membeli sistem baru yang mahal dan memvisualisasikannya pada pusat komando yaitu One Centre Kabupaten Pesawaran. 

Keunggulan dari inovasi ini adalah meningkatkan interoprabilitas data pada SPBE pesawaran tanpa menggangu layanan publik yang sedang berjalan serta dapat diakses dari Pusat Komando.

Program Kerjasama tersebut dilaksanakan mulai bulan Juli hingga Desember tahun 2022 di dua tempat yakni di Pusat Studi Teknologi Informasi UBL di kota Bandar Lampung dan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Pesawaran.


Platform One Centre dengan Arsitektur Teknologi 4.0 guna Integrasi Layanan Pada Ekosistem Data. Foto-foto Tim Peneliti Dosen UBL--

Kegiatan riset bersama ini difasilitasi oleh hibah pendanaan Matching Fund Kedaireka tahun 2022.

Dimana kegiatan penelitian ini diketuai oleh Yuthsi Aprilinda, S.Kom., M.Kom dan terdiri dari beberapa anggota yaitu, Dr. Marzuki, S.Kom., M.Kom, Dr. Maria Shusanti Febrianti, S.Kom., M.Kom, Dian Resha Agustina, S.Kom., M.S.I dan Juli Suprapto, S.Kom., M.S.I.

Kegiatan ini melibatkan mahasiswa dan berdampak bagi peningkatan kemampuan bekerja mahasiswa baik hardskill maupun softskill dalam suatu timwork pada program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka ( MBKM).

Kepala Diskominfotiksan Kab.Pesawaran, Jayadi Yasa, S.STP.,M.IP menyampaikan bahwa Pemkab Pesawaran menyambut baik  riset bersama dengan UBL.  

Menurut Jayadi,  Pihak Dinas Kominfo membangun komunikasi dengan pihak perguruan tinggi salah satunya Universitas Bandar Lampung (UBL) sejak tanggal  29 April 2022 dimana kami berdiskusi dengan coba melihat dari sisi riset terapan dimulai dari penggunaan sarana prasarana penunjang kegiatan dan operasional dilingkungan Dinas Kominfo Pemkab Pesawaran.

"Dan bila berhasil program riset bersama ini bakal dikembangkan untuk penunjang sarana prasarana masing masing OPD-OPD dengan sistem-sistem terpusat," tambah Jayadi. 

Ketua tim peneliti Yuthsi Aprilinda, S.Kom., M.Kom menyampaikan untuk mewujudkan One Centre dilakukan dengan teknik komputasi tepi atau microservices yaitu membangun layanan-layanan kecil untuk menghubungkan satu sistem ke sistem yang lain dengan kemampuan berbagi pakai. 

Hal ini dilakukan karena format data disetiap sistem yang ada di masing-masing OPD berbeda-beda sehingga tidak dapat langsung dikirim ke pusat data.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: