Lamtim Mulai Salurkan DD Tahap 3

Lamtim Mulai Salurkan DD Tahap 3

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Penyaluran dana desa (DD) di wilayah Kabupaten Lampung Timur mulai memasuki tahap 3.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lamtim Yudi Irawan menjelaskan, tahun ini Lamtim mendapat alokasi DD sebesar Rp279 miliar. Itu akan disalurkan kepada 264 desa yang tersebar di 24 kecamatan.

Dilanjutkan, mekanisme penyaluran DD dilaksanakan 3 tahap. Masing-masing, 40 persen tahap, 40 persen tahap 2 dan 20 persen tahap 3.

Sesuai tahapan tersebut, hingga saat ini DD tahap 3 telah disalurkan kepada 100 desa. Sedangkan, 164 desa lainnya saat ini masih dalam proses pengusulan pencairan.

BACA JUGA:Polres Tanggamus dan Warga Bersatu Tangkap Dua Tersangka Curas

“DD tahap 3 akan disalurkan bila surat pertanggung jawaban pelaksanaan tahap 2 tidak ada permasalahan lagi," jelas Yudi Irawan.

Lebih lanjut dijelaskan, sesuai ketentuan yang berlaku, masing-masing desa harus mengalokasikan anggaran sedikitnya 40 persen dari total DD untuk program perlindungan sosial berupa bantuan langsung tunai (BLT).

Itu merujuk Peruturan Presiden (Perpres) nomor 104 tahun 2021 tentangg penggunaan dana desa.

"Bagi desa yang telah menerima DD tahap 3 harus segera menjadwalkan penyaluran BLT,”lanjut Yudi Irawan.

BACA JUGA:Densus 88 Geledah Rumah Terduga Teroris di Kota Metro dan Menemukan 14 Barang Bukti, Ini Kata Kapolres

Ditambahkan, program penyaluran BLTDD merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak akibat pandemi covid-19.

"Dengan adanya BLTDD diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat, khususnya untuk pemenuhuan kebutuhan sembako,”imbuh Yudi Irawan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: