Besok, Tahapan Pemilihan Rektor Universitas Lampung Dimulai

Besok, Tahapan Pemilihan Rektor Universitas Lampung Dimulai

Konferensi pers pemilihan Rektor Universitas Lampung, Senin 14 November 2022. FOTO MELIDA ROHLITA/RADARLAMPUNG.CO.ID --

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Universitas Lampung (Unila) memulai tahapan percepatan pemilihan rektor (Pilrek) periode 2023-2027, Selasa 15 November 2022.

Ketua Senat Unila Prof. La Zakaria mengatakan, pihaknya telah mendapatkan perintah dari Dirjen Dikti Kemendikburistek perihal pemilihan rektor. 

"Pemilihan Rektor ini sebagaimana yang diarahkan, kami memerlukan beberapa tahap,” kata La Zakaria dalam konferensi pers terkait pemilihan rektor, Senin 14 November 2022. 

La Zakaria mengungkapkan, Senin pagi pihaknya telah melakukan rapat pleno lengkap dengan penentuan peraturan yang ada. 

BACA JUGA: Soal Percepatan Pemilihan Rektor, Senat Universitas Lampung Konsultasi ke Kementerian

Hasilnya, disepakati pemilihan rektor berikut penetapan panitia.

Pemilihan rektor terbuka seluas-luasnya. Artinya, semua bisa mendaftar. Baik dalam maupun luar negeri melalui laman resmi pendaftaran pilrek.unila.ac.id.

"Bisa menjaring calon rektor yang capable, berintegritas dan memajukan universitas serta bangsa negara Indonesia. Apa yang kami lakukan, semuanya secara transparan. Termasuk laman resmi pendaftaran calon rektor yang bisa diakses oleh siapapun, lengkap dengan persyaratan yang ada," ungkapnya.

Ketua pantia pemilihan rektor Prof. Abdurahman mengungkapkan, pemilihan tahun ini merupakan hal yang ditunggu-tunggu.

BACA JUGA: Profil Prof. Asep Sukohar, Urutan Pertama Calon Rektor Versi Survei Labpolotda JIP FISIP Unila, Ternyata…

Mengingat Rektor Unila non aktif Prof. Karomani terlibat kasus yang bertentangan dengan integritas.

"Kami maklumi bahwa pilrek ini hal yang luar biasa dan beda dari sebelumnya. Oleh karena itu kami mengharapkan koordinasin yang baik agar proses sesuai dengan harapan,” kata Abdurahman. 

Prof. Abdurahman berharap seluruh tahapan berjalan dengan kondusif dan mengedepankan segala perbaikan disegala lini universitas. 

”Dalam hal ini, kami meminta saling sinergi apa yang diharapkan kementrian dan masyarakat. Momen ini menjadi kepemimpinan yang mempunyai kapabilitas, integritas, dan akademik yang bagus hingga membawa Unila jauh lebih baik lagi," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: