Keunggulan Business Bookkeeping Program Dibandingkan Cara Manual

Keunggulan Business Bookkeeping Program Dibandingkan Cara Manual

Business Bookkeeping Program-jurnal.id-

Business Bookkeeping Program merupakan salah satu produk perkembangan teknologi yang sangat bermanfaat untuk bisnis. Kita juga tahu bahwa bookkeeping merupakan hal yang tidak dapat dilepaskan dari bisnis karena di dalamnya mencakup pencatatan, analisis hingga pengelolaan transaksi keuangan.

Bookkeeping juga merupakan hal yang kompleks sehingga butuh ahlinya dan waktu yang cukup lama untuk mengerjakannya. Meski begitu, dengan banyak dan kompleksnya transaksi bookkeeping dengan cara manual juga rentan mengalami kesalahan atau human error.

Berangkat dari masalah tersebut, banyak vendor dan pengembang software bisnis yang meluncurkan software khusus bookkeeping. Lantas apa yang menjadi keunggulan business bookkeeping program serta bagaimana cara memilihnya?

Keunggulan Business Bookkeeping Program Dibandingkan Cara Manual

business bookkeeping program memang dirancang dan dibuat untuk membuat proses bookkeeping bisnis perusahaan seefektif dan seefisien mungkin. Tentunya ada banyak keunggulan penggunaan software dibandingkan cara manual yaitu :

1. Efisiensi waktu dengan fitur otomatisasi

Proses input data secara manual tentunya akan memakan banyak waktu, belum lagi dengan pengecekan kembali sehingga pekerjaan kurang efisien. Dengan fitur otomatisasi dari software tentunya akan meningkatkan efisiensi dalam pekerjaan ini. Seluruh data yang diinputkan akan segera diproses dan menghasilkan informasi yang akurat untuk kemudahan dalam pembuatan laporan.

2. Pembukuan lebih mudah dan akurat

Penggunaan software tentunya akan mempunyai tingkat ketelitian dan akurasi yang lebih tinggi dibandingkan cara manual. Sistem dalam software akan memastikan catatan bookkeeping dikelola dengan benar dan akurat. Selain itu, software juga dapat memberitahu potensi kesalahan yang bisa terjadi. Hal ini akan sangat meminimalisir bahkan menghindarkan kesalahan yang biasa terjadi dengan cara manual.

3. Aksesibilitas tinggi

Salah satu kelebihan utama software bookkeeping adalah telah berbasis cloud yang memungkinkan untuk diakses dari mana dan kapan saja serta perangkat apa saja. Sebab software bookkeeping dapat diakses melalui perangkat desktop atau PC, laptop, tablet hingga smartphone asalkan terkoneksi dengan jaringan internet.

4. Keamanan datanya terjamin

Keunggulan lain dari business bookkeeping program adalah dari segi keamanan datanya yang lebih terjamin. Sistem cloud pada software akan mengamankan seluruh data bookkeeping dimana data tersebut berada dalam lapisan algoritma dengan enkripsi kelas atas.

Hal tersebut tentunya membuat data lebih aman dibandingkan bila disimpan pada rak kantor. Selain itu, data juga akan disinkronkan secara real-time, sehingga Anda tidak perlu repot mencadangkan data karena software telah melakukannya. Tentunya hal ini berbeda dengan aplikasi berbasis desktop bahkan manual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: