SMPN 14 Bandar Lampung Gelar Pemira OSIS Perdana, Ini Hasilnya

SMPN 14 Bandar Lampung Gelar Pemira OSIS Perdana, Ini Hasilnya

SMPN 14 Bandar Lampung Gelar Pemira OSIS-SMPN 14 Bandar Lampung-

RADARLAMPUNG.CO.ID-Pertama kalinya selama berdiri, SMPN 14 Bandar Lampung sukses menggelar Pemilihan Raya (pemira) untuk memilih Ketua OSIS masa bakti 2022-2023. Selama ini biasanya Ketua OSIS hanya dipilih oleh perwakilan kelas yakni pengurus kelas. Namun, pada tahun ini, SMPN 14 Bandar Lampung mengadakan pemilihan ketua OSIS secara pemilihan raya (pemira), yakni seluruh siswa dan guru langsung ikut memberikan suara untuk memilih ketua OSIS

 

Pemilihan ini dilaksanakan pada Jumat, 18 November 2022. Terdapat empat calon ketua OSIS yang sudah diseleksi melalui tahapan-tahapan yang ketat. Ke empat calon tersebut, yakni M. Adrian Maulana, Andini Febriani, Wira Jesca, dan Boanerges Anthony. Ke empat calon ini adalah kandidat terbaik yang telah menyisihkan 121 pendaftar lainnya. Dari 125 pendaftar disaring menjadi 45 siswa, lalu disaring lagi menjadi 8 siswa, dan terakhir terpilih 4 calon ketua OSIS yang namanya disebutkan tadi. 

Selasa, 15 November 2022, ke empat calon tersebut diberikan kesempatan berorasi menyampaikan visi-misi dan rencana program kerja di depan seluruh siswa dan dewan guru. Mulai tanggal 15-17 November 2022 ke empat calon diberikan waktu untuk berkampanye mempromosikan dirinya melalui media sosial, juga poster-poster yang ditempel di seluruh penjuru sekolah. 

"Saya sangat bangga dengan kerja keras Waka Kesiswaan, Pembina OSIS, Pengurus OSIS, Bapak/Ibu Dewan Guru, dan seluruh siswa yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam pemilihan ini." ucap Abdul Khanif, Kepala UPT SMPN 14 Bandar Lampung.

Dia juga menambahkan bahwa pemilihan ini bertujuan untuk menjunjung demokrasi sebagai bentuk penerapan nilai profil pelajar pancasila. Selain itu, pemilihan ini juga menjadi edukasi dan pembelajaran bagi seluruh siswa yang sejatinya kelak akan menjadi pemilih dalam pilpres, pilkada, dan pilleg. 

"Alhamdulillah pemilihan berjalan lancar dan sukses. Semoga Ketua OSIS yang terpilih akan menjadi contoh dan panutan bagi seluruh siswa SMPN 14 Bandar Lampung." ucap Irsani Idris, Pembina OSIS SMPN 14 Bandar Lampung. 

Ketua OSIS masa bakti 2021-2022, Talitha, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Sekolah, Pembina OSIS, Bapak/Ibu Guru, dan seluruh siswa, yang telah menyukseskan pemilihan ketua OSIS ini. 

Dari hasil penghitungan suara yang dilakukan di hari yang sama yakni Jumat, 18 November pukul 15.05 WIB, suara yang terkumpul berjumlah 1.013. Calon nomor urut 1, M. Adrian, unggul jauh dari calon lainnya dengan perolehan 581 suara. Calon nomor urut 2, Andini Febriyani, memperoleh 92 suara. Calon nomor urut 3, Wira Jesca, memperoleh 184 suara. Calon nomor urut 4, Boanerges Anthony, memperoleh 150 suara. Selain itu, terdapat surat suara tidak sah sebanyak 6 suara.

Ketua OSIS terpilih dan pengurus lainnya akan dilantik pada Desember mendatang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: