Bunda Eva 2 - Iklan Prima

Hujan Deras, Tanah Longsor Terjadi di Bandar Lampung

Hujan Deras, Tanah Longsor Terjadi di Bandar Lampung

Seorang warga menunjukan tanah longsor. Foto Dok Warga --

BANDARLAMPUNG,RADARLAMPUNG.CO.ID - Intensitas hujan tinggi yang terjadi di wilayah Bandar Lampung pada Rabu,23 November 2022 sore selain menyebabkan dua pohon di Bandar Lampung tumbang ternyata pada malam hari juga terjadi tanah longsor. 

Peristiwa tanah longsor terjadi di Kali Sumpur 2,di Jalan Kamboja,Kelurahan Enggal, Kecamatan Enggal, Tanjungkarang, Kota Bandar Lampung pada hari Rabu, 23 November 2022 sekira pukul 19.00 WIB.

"Longsor terjadi setelah hujan, sekira pukul 19.00 WIB, pertama itu ada suara gemuruh," jelas Dini Kurniati selaku Ketua RT 01 Lingkungan 1, Kelurahan Tanjungkarang, Kota Bandar Lampung saat diwawancarai, Kamis,24 November 2022.

Lebih lanjut ia menuturkan, setelah dicek ke lokasi oleh para warga ternyata suara gemuruh tersebut berasal dari longsornya tanah dari 3 ruko kosong yang berada di seberang sungai.

"Pas warga mantau ke lokasi ruko itu tersebut mengalami longsor tanahnya menutupi aliran sungai besar ini.Beruntung tiga ruko tersebut tidak sampai rata dengan tanah," jelasnya. 

Dini menambahkan meski begitu, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya saja, akibat dari longsor tersebut aliran sungai tersendat dan mengakibatkan debit air naik. 

"Jadi air ini tergenang (Air Sungai)," jelasnya. 

Dini pun khawatir, tingginya debit air akan berdampak saat hujan deras kembali di Kota Bandar Lampung. "Dan yang kita takutkan saat kembali terjadi hujan itu mengakibatkan banjir besar yang berdampak ke RT 01 ini Lingkungan 1 ini," ucapnya. 

Dirinya berharap agar pihak terkait segera bisa menanggapi terkait peristiwa ini. Agar warga setempat bisa tenang, dan khawatir. "Jadi kami mohon untuk ditindaklanjuti segera karena warga sini sudah enggak bisa tidur memikirkannya. Karena mereka takut peristiwa itu terjadi lagi," katanya.

Sebagai informasi, Diduga Intensitas hujan tinggi yang terjadi di wilayah Bandar Lampung pada Rabu, 23 November 2022 sore menyebabkan dua pohon di Bandar Lampung tumbang.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Bandar Lampung, Gustriansyah pihaknya menerima laporan tersebut sekitar pukul 15.50 WIB dari bapak Plt. Kepala BPBD Bandar Lampung Yusnadi Ferianto.

Setelah mendapat laporan ,tim rescue Mako BPBD Bandar Lampung menuju lokasi untuk mengevakuasi Pohon Tumbang di Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Pahoman, Kecamatan Enggal tepatnya samping Hotel Batiqa.

"Ada 6 Personil mengevakuasi pohon yang tumbang jenis pohon Ketapang dengan tinggi sekitar 30 Cm," katanya.

Gustriansyah menambahkan pohon tersebut telah dievakuasi dengan team Rescue dari pleton C pada pukul 16.18 WIB. "Unit yang dikerahkan satu mobil dan 6 personil dengan peralatan 3 Unit senso dan golok," jelasnya. 

Sumber: