Bangunan Fisik Bendungan Marga Tiga Sudah 100 Persen

Bangunan Fisik Bendungan Marga Tiga Sudah 100 Persen

Bupati Lampung Timur bersama Dirjen SDA Kementerian PUPR membahas progres pembangunan Bendungan Marga Tiga. FOTO PROTOKOL PEMKAB LAMPUNG TIMUR --

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID -Bangunan fisik bendungan Marga Tiga yang dibangun Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji Sekampung, disebut sudah 100 persen.

Hal ini disampaikan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung Ir. Alexander Leda. "Bangunan fisiknya sudah selesai 100 persen," kata Alexander.

Namun, masih ada beberapa pekerjaan yang masih belum seluruhnya selesai. Salah satunya ialah soal pembebasan lahan untuk genangan air.

"Kita masih terhambat di proses pembebasan lahan genangan yang belum tuntas. Kalau belum beres lahannya ya belum bisa digenangi," lanjut Alexander Leda.

Dia menerangkan meskipun konstruksi nya sudah selesai tapi tetap belum bisa digenangi. Karena pembebasan lahannya baru sekitar 70 persen, sementara sisanya 30 persen belum selesai.

"Karena itu jadi agak terhambat. Tapi kita terus upayakan lakukan percepatan agar bisa segera digenangi," tambahnya.

Sementara juga ada bagian pendukung lainnya yang masih dalam proses pengerjaan jembatan yang sudah ada sebelumnya. Namun harus ditinggikan karena menghindari potensi naiknya air dari bendungan nantinya.

"Pendukung lainnya juga belum ya seperti jembatan didaerah genangan, jembatan daerah dan desa, ada 5 jembatan yang ditinggikan itu sudah 95 persen di kerjakan. Ya bisa selesai juga Minggu pertama Desember bisa clear," lanjutnya.

Ditanya soal bakal di resmikan Presiden Joko Widodo, Alexander menyebut masih dalam rencana. Dirinya belum dapat memastikan akan dilakukan pada Desember atau tidak.

"Itu kan rencana. Tapi waktunya bisa berubah ya, kita menunggu saja," tandasnya. (rma

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: