DPRD Lampung Barat Ajukan Tiga Nama Calon Penjabat Bupati

DPRD Lampung Barat Ajukan Tiga Nama Calon Penjabat Bupati

Ilustrasi mutasi jabatan.-Pixabay-

LAMPUNG BARAT, RADARLAMPUNG.CO.ID - DPRD Lampung Barat mengajukan tiga nama penjabat (Pj.) bupati. Mereka adalah  Drs. Nukman, MM.; Drs. Qodratul Ikhwan, MM., dan Ganjar Jationo, S.E, MAP.

Usulan tersebut disampaikan terkait segera berakhirnya masa jabatan Bupati Lampung Barat periode 2017-2022 Parosil Mabsus dan Wakil Bupati Mad Hasnurin.

Ketua DPRD Lampung Barat Edi Novial mengatakan, usulan tiga nama tersebutsudah disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui surat Nomor 170/69/DPRD-LB/2022 perihal usul nama calon Pj. Bupati Lampung Barat. 

Usulan tiga nama itu berdasar hasil rapat pimpinan DPRD Lampung Barat dengan ketua dan sekretaris serta fraksi-fraksi pada 15 November 2022 lalu. 

Hasil tersebut ditindaklanjuti dengan terbitnya surat keputusan Nomor 27/DPRD-LB/Kep.D/2022.

Usulan tersebut juga berdasar pasal 201 ayat 9 dan ayat 11 Undang-Undang Nomor 10/2016 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 1/2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun/2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota menjadi Undang-Undang.

Disebutkan, untuk mengisi kekosongan jabatan bupati/wali kota yang berakhir masa jabatannya pada tahun 2022, diangkat penjabat bupati/wali kota yang berasal dari jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPT).

"Kemudian berdasar Surat Menteri Dalam Negeri tanggal 8 Juli 2022 Nomor 131.33/3906/SJ perihal Usul Nama Calon Penjabat Bupati yang berisi permintaan usul tiga nama calon penjabat Bupati Lampung Barat," kata Edi Novial, Kamis 1 Desember 2022. 

Siapa yang akan ditunjuk sebagai Pj. Bupati Lampung Barat, hal ini menjadi kewenangan Kemendagri. 

"Kita tidak bisa memastikan, apakah satu dari tiga nama yang diusulkan tersebut atau ada pejabat lain yang ditunjuk untuk menjadi Pj. bupati," ujarnya. 

Namun yang pasti, terus Edi Novial, siapapun yang menjadi Pj. Bupati Lampung Barat, diharapkan bisa meneruskan perjuangan kepala daerah sebelumnya untuk kesejahteraan masyarakat.

Diketahui, dari tiga nama yang diusulkan, Nukman saat ini menjabat Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lampung Barat.

Kemudian Qodratul Ikhwan menjabat Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Lampung. Sebelumnya, ia juga pernah menjadi Pj. Bupati Pesiar Barat. 

Terakhir, Ganjar Jationo saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Lampung. Ia juga pernah mengabdi di Lampung Barat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: