Bupati Tanggamus: PGRI Wadah Perlindungan Guru

Bupati Tanggamus: PGRI Wadah Perlindungan Guru

Bupati Tanggamus Dewi Handajani menghadiri puncak peringatan hari PGRI ke77 dan Hari Guru Nasional. FOTO DISKOMINFO TANGGAMUS --

TANGGAMUS, RADARLAMPUNG.CO.ID - PGRI merupakan wadah yang memberikan perlindungan kepada para guru. Sebagai jembatan komunikasi dan koordinasi guru dengan pemerintah.

Hal ini disampaikan Bupati Tanggamus Dewi Handajani saat menghadiri puncak peringatan Hari PGRI ke-77 dan Hari Guru Nasional tahun 2022 tingkat kabupaten di SDN 1 Sridadi, Pekon Sridadi, Kecamatan Wonosobo. 

Salah satu bentuk perlindungan, dituangkan dalam perjanjian kerjasama dengan Polres Tanggamus terkait perlindungan guru. 

”Atas nama pemerintah daerah, kami mengucapkan terima kasih kepada Polres dan PGRI Tanggamus yang telah menjalin kerjasama ini. Semoga membawa manfaat seluas-luasnya bagi guru-guru di Tanggamus,” kata Dewi Handajani. 

BACA JUGA: Dor, Bandit Pembobol Rumah di Lampung Timur Dilumpuhkan

Dewi menuturkan, dengan adanya kerjasama ini, maka profesi guru, pendidik dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengajar, akan mendapat perlindungan hukum jika ada tindakan kekerasan, ancaman, perlakuan diskriminatif, intimidasi, atau perlakuan tidak adil.  

”Kita semua menyadari betapa sulitnya tugas para guru. Betapa sulitnya tantangan untuk bisa mengajar anak secara efektif dan lebih baik,” imbuhnya.

Menurut Dewi, pendidikan juga bukan sesuatu yang hanya bisa dilakukan di sekolah saja. Pendidikan yang efektif itu membutuhkan kolaborasi dari tiga hal, yaitu guru, siswa, dan orang tua.

Harapan bupati, semoga guru dan tenaga kependidikan kedepannya mampu menjalin kerjasama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat untuk mengobarkan semangat dan Merdeka Belajar, namun tetap berjiwa Pancasila. 

BACA JUGA: Paparan Visi Misi Bakal Calon Rektor Universitas Lampung, Prof. Asep Sukohar Dapat Giliran Pertama

Upaya tersebut perlu dilakukan, mengingat tantangan berat yang dihadapi bangsa di masa mendatang dan fakta bahwa para peserta didik saat ini adalah calon generasi Emas Indonesia pada tahun 2045 mendatang. 

Harus memiliki bekal jiwa Pancasila yang baik guna menghadapi dinamika perubahan yang sangat cepat dan tidak terduga. 

Sementara puncak peringatan peringatan Hari PGRI ke- 77 dan Hari Guru Nasional tahun 2022 tersebut dihadiri Dandim 0424/Tanggamus Letkol Arm. Micha Arruan, Wakapolres Kompol Alidori dan Kepala Dinas Pendidikan Yadi Mulyadi serta pejabat lainnya. 

Dewi Handajani dalam sambutannya mengucapkan selamat Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-77 Kabupaten Tanggamus tahun 2022 dengan tema Guru Bangkit, Pulihkan Pendidikan, Indonesia Kuat-Indonesia Maju.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: