Hari Biasa Tapi Pengen Makan Tumpeng, Simak Resep Masak Tumpeng Mini Ayam Suwir Berikut

Hari Biasa Tapi Pengen Makan Tumpeng, Simak Resep Masak Tumpeng Mini Ayam Suwir Berikut

Tampilan Nasi Tumpeng Mini Ayam Suwir. (Instagram/@yummy.idn)--

RADARLAMPUNG.CO.IDNasi tumpeng merupakan salah satu makanan tradisional khas masyarakat Jawa, yang penyajiannya dibentuk seperti kerucut dan ditata bersamaan dengan lauk-pauknya.

Penyajian nasi tumpeng biasanya dibuat pada saat kenduri atau ada perayaan atau peringatan tertentu yang dianggap sebagai kejadian penting.

Kenduri atau merayakan suatu peristiwa penting nampaknya memang sudah menjadi suatu kebiasaan bagi masyarakat di pulau Jawa, Bali, dan Madura.

Tidak ada lauk-pauk baku untuk menyertai nasi tumpeng, namun ada beberapa lauk yang biasa terlihat menyertai nasi tersebut adalah perkedel, abon, kedelai goreng, telur dadar/telur goreng, timun yang di potong melintang, tomat yang diukir seperti bunga, hingga daun seledri.

BACA JUGA:Yuk, Nikmati Promo Diskon 50 Persen di Bakso Ngalam, Berlaku Hingga 19 Desember 2022

Selain itu ada juga daging ayam/sapi, ikan lele, bandeng atau rempeyek teri dan ditambahkan juga sayur-mayurnya seperti urap (biasanya campuran kelapa parut, kangkung, bayam atau kacang panjang).

Dirangkum Radarlampung.co.id dari akun media sosial Instagram @yummy.idn pada Kamis, 15 Desember 2022. Berikut ini merupakan resep bahan-bahan dan cara memasak tumpeng mini.

Sebelum membuat tumpeng mini, maka sobat kuliner harus menyiapkan bahan-bahan masakannya terlebih dahulu.

Adapun bahan-bahan yang harus disiapkan sebelum memasak tumpeng mini ala rumahan adalah sebagai berikut.

BACA JUGA:Update Harga BBM Per Kamis 15 Desember 2022 Terlengkap di SPBU Seluruh Indonesia

Bahan pertama yang harus dipersiapkan adalah 250 gram beras putih, 1 ruas kunyit yang sudah diperas, 300 mili santan kelapa, 1 lembar daun salam, dan 1 sendok teh/sdt garam.

Kemudian siapkan bahan-bahan suwiran seperti 200 gram ayam suwir,  1 batang serai yang sudah digeprek, 100 mili kaldu ayam, 1 lembar daun jeruk, dan 1 sendok makan/sdm bumbu merah.

Sedangkan untuk bahan sambal matahnya, sobat kuliner memerlukan 3 siung bawang merah yang sudah diiris, 5 buat cabai rawit merah potong, dan 5 buah cabai rawit hijau dengan potongan yang sama kecil-kecil.

Selain itu siapkan juga 2 lembar daun jeruk yang diiris tipis, 1 batang serai, 1 sendok makan/sdm terasi bakar, 1 sendok makan/sdm air jeruk, ½ sendok teh/sdt garam dan 1 sendok makan/sdm minyak panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: