Berhasil Lakukan Pembinaan kepada Penyuluh Kehutanan, Gubernur Arinal Raih Penghargaan

Berhasil Lakukan Pembinaan kepada Penyuluh Kehutanan, Gubernur Arinal Raih Penghargaan

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menerima piagam penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (LHK RI) sebagai Pembina Penyuluh Kehutanan di Provinsi Lampung.--

BACA JUGA:Hari Terakhir Tes PPPK Nakes Tanggamus, Tiga Peserta Gugur

Menurutnya, harus dilakukan dengan bijak dan pembangunan sarana prasarana wisata dalam kawasan hutan ini harus direncanakan sebaik mungkin dan tetap mengacu pada aturan.

"Sehingga tujuan untuk mendapatkan hasil ekonomi dari pemanfaatan potensi wisata ini dapat tercapai tanpa menimbulkan kerusakan hutan. Jangan sampai merusak habitat satwa yang pada akhirnya dapat menimbulkan konflik antara manusia dan satwa liar," ujarnya.

Arinal menekankan para rimbawan untuk memahami benar bidang dan masalah tugasnya.

"Ini harus anda pegang benar. Mari kita bergandangan tangan, karena kalau hutan tidak kalian jaga, pelihara, dan hutan tidak kalian pertahankan, Provinsi Lampung tidak akan lagi menjadi penghasil pangan," katanya.

BACA JUGA:Viral, 4 Rekomendasi Fruit Sando di Lampung dengan Berbagai Rasa dan Harga Terjangkau

Menurutnya, kawasan hutan yang baik akan berdampak pada kesejahteraan petani dan Provinsi Lampung sebagai lumbung pangan Indonesia.

"Pemeliharaan yang kalian lakukan dalam memfungsikan kawasan hutan akan bermanfaat pada sektor pertanian karena kita sebagai lumbung pangan Indonesia dan petani akan sejahtera karena hutannya bagus, karena penyuluh memfungsikan hutan dengan benar," ujarnya.

Sementara itu, Kapusluh Kementerian LHK RI Sugeng Priyanto mengatakan Provinsi Lampung melalui berbagai upaya yang dilakukan, telah membuktikan dukungannya terhadap program-program lingkungan hidup dan kehutanan ditingkat tapak.

Menurutanya, terutama yang berkaitan dengan kegiatan penyuluhan kehutanan dan pemberdayaan masyarakat.

BACA JUGA:Korupsi Bimtek Kades di Lampura, Polda Tetapkan Tiga Tersangka

"Kami menyampaikan penghargaan dari Menteri LHK kepada Bapak Gubernur Lampung yang telah membina dan mendorong penyuluh kehutanan beserta jajaran yang telah memberikan dukungan penuh dalam pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan," ujar Sugeng.

Pada rangkaian kegiatan itu, diserahkan pemenang Lomba Wana Lestari Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2022 dengan beberapa kategori.

Diantaranya kategori Penyuluh Kehutanan PNS, kategori Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) dan kategori Kelompok Tani Hutan (KTH).

Selanjutnya, kategori Kader Konservasi, kategori Kelompok Pecinta Alam (KPA), kategori Kelompok Masyarakat Pemegang Izin Hutan Kemasyarakatan dan kategori Pengelola Hutan Desa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: