Ini Harapan Pj. Bupati untuk Pringsewu Craft 1st

Ini Harapan Pj. Bupati untuk Pringsewu Craft 1st

Penjabat Bupati Adi Erlansyah membuka Pringsewu Craft 1st di Lapangan Pendopo Pringsewu, Kamis 15 Desember 2022. --

PRINGSEWU, RADARLAMPUNG.CO.ID - Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki kontribusi hingga 61,07 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Kemudian menyerap 97 persen dari total tenaga kerja yang ada. Ini sebagaimana dikutip dari laman Kementerian Perekonomian UMKM

Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah mengungkapkan, dua tahun pandemi Covid-19 berdampak pada keberlangsungan UMKM. Bahkan 98 persen UMKM mengalami permasalahan demand shock dan supply shock.

”Antara lain berkurangnya pesanan, kesulitan dalam pendistribusian dan memperoleh bahan baku," kata Adi Erlansyah saat membuka Pringsewu Craft 1st di Lapangan Pendopo Pringsewu, Kamis 15 Desember 2022. 

Adi Erlansyah menyatakan, tahun 2022 menjadi momentum kebangkitan para pelaku UMKM. Di Pringsewu, jumlah UMKM meningkat tajam pada pandemi Covid-19 hingga mencapai 24.779 pelaku usaha

BACA JUGA: Pemkab Pringsewu Siapkan Klinik UMKM untuk Bantu Pelaku Usaha

"Hal ini terjadi karena kreativitas masyarakat yang tumbuh dalam bertahan hidup pada saat pandemi berlangsung," tandasnya.

Untuk mendukung perkembangannya, Pringsewu memiliki Klinik UMKM. Tugasnya membantu dan melayani para pelaku usaha untuk dapat memiliki legalitas usaha sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Dengan langkah tersebut, diharapkan usaha UMKM yang dimiliki masyarakat dapat berkembang lebih maju. 

Adi Erlansyah menyatakan, Klinik UMKM merupakan kolaborasi antar perangkat daerah. Terdiri dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan SIpil dan DPM-PTSP.

BACA JUGA: Gubernur Lampung Launching Sentra Industri Kerajinan Tapis dan Desa Wisata Kampung Tapis, Ini Pesannya

Kemudian Dinas Koperindag UMKM, Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, serta Kantor Pelayanan Pajak dan Kantor Kementerian Agama.

Semuanya siap memberikan pelayanan serta informasi kepada masyarakat dan pelaku UMKM. Klinik UMKM ini juga hadir guna memberikan informasi serta solusi terhadap apa yang menjadi kendala atau hambatan pelaku usaha.

Terkait Pringsewu Craft 1st ini, Adi Erlansyah menyatakan, kegiatan kerjasama Pemkab dengan Dekranasda Pringsewu sebagai upaya pemulihan ekonomi. 

"Sebab, UMKM ini menjadi prioritas pemerintah. Karena merupakan salah satu pilar penting dalam kebangkitan ekonomi nasional," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: