Hadapi Nataru, KAI Sediakan 37.188 Tiket dengan 4 Perjalanan

Hadapi Nataru, KAI Sediakan 37.188 Tiket dengan 4 Perjalanan

Ilustrasi Penumpang Kereta Api sebelum menaiki Kereta Api di Stasiun Kereta Api diharapkan mengikuti penerapan protokol kesehatan salah satunya cek suhu tubuh dan memakai masker. Foto Anggi Rhaisa/radarlampung.co.id--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID -  Sambut Natal dan Tahun Baru (Nataru), PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre IV menyediakan 37.188 tiket atau tempat duduk. Dengan rata-rata 2.066 tempat duduk per hari sejak tanggal 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.  

Dengan rincian 4 perjalanan KA Kualastabas relasi Tanjungkarang-Baturaja (PP) dengan total 1.536 tempat duduk per hari dan KA Ekspres Rajabasa relasi Tanjungkarang-Kertapati (PP) dengan 530 tempat duduk per hari.

Untuk syarat naik kereta api, Divre IV Tanjungkarang masih menerapkan aturan dimana pelanggan KA Rajabasa Ekspres dan KA Kualastabas dengan usia 18 tahun ke atas wajib telah melakukan vaksinasi ketiga (booster). 

Sedangkan pelanggan usia 13-17 tahun wajib telah melakukan vaksinasi kedua dan untuk usia 6-12 tahun dengan pendamping orang tua dan orang dewasa yang memenuhi syarat  perjalanan tanpa perlu syarat vaksinasi namun jika pergi sendirian harus dengan syarat keterangan dari puskesmas atau fasilitas kesehatan. Hal ini disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Humas Divre IV Tanjungkarang, Jaka Jarkasih kepada Radarlampung.co.id pada hari Selasa, 20 Desember 2022.

BACA JUGA:Karya Bhakti TNI 2022 Ditutup, Ini Pesan Pj. Bupati Pringsewu dan Dandim 0424/TGM

Bahkan, Dalam rangka menyambut Angkutan Natal dan Tahun Baru 2022/2023, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre IV Tanjungkarang juga telah melakukan persiapan di berbagai aspek, salah satunya di sektor pengamanan.

Untuk penguatan pengamanan, KAI menyiagakan total 249  petugas pengamanan dari unsur internal dan ekternal perusahaan. 

Adapun rinciannya adalah 39 personel Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska), 199 personel Security, dan 11 personel tambahan dari Polri. Seluruhnya akan bersama-sama untuk mengamankan operasi Angkutan Nataru tahun ini.

“Seluruh personel telah dipersiapkan untuk menjaga keamanan pelanggan KAI dan memastikan pelayanan tetap terjaga pada periode Angkutan Natal dan Tahun Baru,” ujar Jaka.

BACA JUGA:Tahun Depan, Pemprov Bangun Sejumlah Infrastruktur Jalan di Tanggamus

Ratusan personel ini bertugas melakukan pengamanan di atas kereta api, stasiun, serta jalur kereta api. Pengamanan di atas kereta api secara konsisten dilakukan oleh petugas yang bertugas memastikan keamanan bagi seluruh pelanggan di sepanjang perjalanan.

Jika pelanggan mengalami ketidaknyamanan terkait keamanan seperti pencurian barang, pelecehan seksual atau lainnya,lanjut Jaka, pelanggan diimbau untuk segera melaporkan kepada Kondektur atau Polsuska yang bertugas untuk dapat segera ditindaklanjuti. 

“Divre IV Tanjungkarang siap untuk memberikan dukungan dalam langkah hukum yang akan diambil oleh pelanggan yang menjadi korban kriminalitas di layanan KAI. Kami juga mengimbau agar sesama penumpang untuk menghormati penumpang lainnya, serta tetap waspada dan ikut menjaga barangnya masing-masing,” kata Jaka.

Pengamanan intens juga diterapkan di stasiun-stasiun saat periode Natal dan Tahun Baru 2022/2023. Para petugas siap mengondisikan ketertiban pelanggan di saat proses boarding, mensterilkan dan mengatur alur pelanggan di tiap zona stasiun, memastikan penerapan protokol kesehatan sesuai ketentuan, serta melakukan pengamanan tertutup di stasiun-stasiun yang rawan gangguan keamanan dan ketertiban untuk mencegah kejadian kriminalitas di stasiun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: