Waspada Peringatan Cuaca Ekstrem di Tanggal 22 hingga 24 Desember 2022

Waspada Peringatan Cuaca Ekstrem di Tanggal 22 hingga 24 Desember 2022

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung mengeluarkan peringatan dini Waspada potensi hujan lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Tanggamus, Pesibar, Lambar, Pesawaran, Lamteng, Lamtim, Lamsel dan Balam pada siang--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem 22-24 Desember 2022 di LAMPUNG. Hal ini disampaikan Koordinator Bidang Data dan Informasi,BMKG LAMPUNG, Rudi Harianto kepada Radarlampung.co.id pada hari Jumat, 23 Desember 2022.

Adapun prakiraan cuaca tanggal 22-24 Desember 2022, sehingga BMKG mengeluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem, yakni pada tanggal 22 Desember 2022 perlu waspada potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada siang dan sore hari di wilayah Pesisir Barat, Tanggamus, Pesawaran, Pringsewu, Lampung Barat, Lampung Utara.

BACA JUGA:255 Personel Tambahan Dikerahkan untuk Pengamanan Nataru

Lalu, Lampung Tengah, Lampung Selatan, Bandar Lampung, Metro, Lampung Timur. Malam dan dini hari di wilayah Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Tengah, Tulang Bawang Barat, Tulang Bawang, Mesuji, Lampung Timur, Metro, dan Lampung Selatan.

Kemudian, pada tanggal 23 Desember 2022, waspada potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada siang dan sore hari di wilayah Lampung Tengah, Lampung Utara, Lampung Timur, Metro, Lampung Selatan, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat. Malam hari di wilayah Mesuji, Tulang Bawang, Lampung Tengah, dan Lampung Timur.

BACA JUGA:Peringati Hari Ibu, BRI Salurkan Bantuan ke Sekolah Anak Jalanan

Untuk pada Tanggal 24 Desember 2022, waspada potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada siang dan sore hari di wilayah Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Lampung Tengah, Lampung Utara. Malam hari di wilayah Mesuji danTulang Bawang. 

Oleh sebab itu Rudi, menghimbau kepada masyarakat untuk puncak musim penghujan ini, masyarakat agar lebih hati hati dan waspada terhadap dampak yang mungkin bisa ditimbulkan di sekitar lingkungannya.

BACA JUGA:Hadirkan Platform Solusi Terintegrasi Nasabah Korporasi, BRI Luncurkan QLola by BRI

Lalu, melakukan penebangan pohon yang sudah tua dan rapuh atau melakukan pemangkasan ranting -ranting yang menjalar di jalan utama, membawa mantel apabila perjalanan motor,dan waspada jalan licin.

Sebelumnya, Badan Mateorologi, Klimatologi dan Geofisika Lampung telah mengeluarkan Peringatan Dini Pasang Maksimum tanggal 22 -27 Desember 2022.

BACA JUGA:Waroeng Steak dan Shake Spesial Promo Hari Ibu, Hemat Up To 40 Persen

Koordinator Bidang Data dan Informasi,BMKG Lampung, Rudi Harianto membenarkan hal tersebut. Menurutnya, adanya pasang maksimum disertai dengan fase bulan baru dan fase Perigee (jarak terdekat bumi dengan bulan) pada tanggal 26 Desember 2022 berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut yang lebih signifikan.

Oleh sebab itu, Rudi menyampaikan bahwa masyarakat pesisir dihimbau untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi terjadinya banjir pesisir di berbagai wilayah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: