Ini Capaian Pembangunan Pesawaran Tahun 2022

Ini Capaian Pembangunan Pesawaran Tahun 2022

--

PESAWARAN, RADARLAMPUNG.CO.ID - Di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona dan Kolonel (Purn.) S. Marzuki, tingkat kemiskinan menunjukkan tren perkembangan yang baik.

Hingga 2022 turun hingga mencapai 13,85 persen Dengan penurunan terbanyak kedua di Provinsi Lampung sebesar 1,26 persen.

Melalui program strategis pengentasan kemiskinan dan penyaluran bantuan yang tepat sasaran serta dukungan program dari lembaga non pemerintah, diharapkan tingkat kemiskinan pada tahun 2026 penurunan kemiskinan dapat mencapai 10 persen. 

Hal itu tentunya tidak terlepas dari sinergitas program antar OPD bersama instansi terkait yang dijabarkan melalui delapan sasaran indikator pembangunan dan capaian pembangunan perangkat daerah melalui ke-5 misi bupati dan wakil bupati. 

Salah satu program inovasi kolaborasi dalam percepatan penanganan kemiskinan di Kabupaten Pesawaran selaras antara program rehabilitasi sosial dengan lima program kerja BAZNAS dalam penyaluran zakat, infak, sedekah (ZIS).

Antara lain pemberdayaan ekonomi, pendudukan, kesehatan, dakwah advokasi dan kemanusiaan sehingga kolaborasi tersebut menjadi inovasi program Berkah Benar Berkat Bapak Siji. 

Penurunan angka kimiskinan merupakan salah satu dari berbagai capaian yang diekspose pada refleksi pembangunan tahun 2022 Graha Adora, Senin 26 Desember 2022.

Refleksi pembangunan digelar sebagai penjabaran kinerja pembangunan daerah dari jajaran Pemerintah Kabupaten Pesawaran dengan fokus pembangunan pada bidang pertanian, pariwisata dan industri. 


--

Refleksi pembangunan juga merupakan media untuk menyampaikan informasi pembangunan daerah sesuai dengan RPJMD Kabupaten Pesawaran, kepada masyarakat luas.  

A. Capaian ekonomi makro Pesawaran berdasar 8 sasaran indikator pembangunan 

1. Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pesawaran menunjukkan tren peningkatan setelah diterpa badai Covid-9 kurun dua tahun, sejak 2020 hingga 2021 dengan peningkatan ekonomi pada angka 2,08 persen. 

2. Pendapatan per kapita penduduk mulai bangkit kembali hingga mencapai 23,86 juta per kapita per tahun

3. Indeks Pembangunan Manusia sebesar 66,70 di Kabupaten Pesawaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: