Pemimpin Baru, Ada Wakil Rektor Unila yang Bakal Diganti?

Pemimpin Baru, Ada Wakil Rektor Unila yang Bakal Diganti?

Prof. Lusmeilia Afriani menjadi perempuan pertama yang menjabat Rektor Universitas Lampung usai memperoleh suara terbanyak dalam pemilihan tahap dua, Rabu 28 Desember 2022. FOTO MELIDA ROHLITA/RADARLAMPUNG.CO.ID --

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.IDWakil Rektor Universitas Lampung (Unila) saat ini diprediksi bakal terus membantu Rektor terpilih Prof. Lusmeilia Afriani pada kabinet baru yang dipimpinnya akhir Januari mendatang.

Namun muncul informasi ada wakil rektor yang akan diganti dalam era pemimpin baru tersebut. 

Saat ini ada wakil rektor terdiri dari Prof. Murhadi menjadi wakil rektor 1; wakil rektor 2 Prof. Asep Sukohar; wakil rektor III Prof. Yulianto dan wakil rektor IV Prof. Suharso.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof. Murhadi menyebutkan, berbekal pernyataan Prof. Lusmeilia Afriani pada media beberapa waktu lalu, dirinya memprediksi empat wakil rektor saat ini akan terus menjabat sampai masa jabatan (periode sebelumnya) habis.

BACA JUGA: Usung Konsep Be Strong, Prof. Lusmeilia Afriani Menjadi Rektor Wanita Pertama Unila

"Kalau melihat di media, cara bu Lusy ngomong, dia mau mengakomodir. Merangkul semua calon kemarin. Termasuk calon yang kalah seperti saya, artinya damai. Kayaknya arahnya seperti itu. Kalau menurut peraturan, saya PAW dan kita bertiga ini habisnya akhir Desember 2023," kata Prof. Murhadi, Senin 2 Januari 2023.

Prof. Murhadi menyebut, memang ada peraturan dalam statuta jika rektor bisa membentuk kabinet tiga bulan setelah pelantikan.

"Saya pikir, ini meraba-raba saja. Kayaknya kami yang berempat WR ini akan tetap sampai habis. Karena dalam aturan begitu,” sebut dia. 

”Kalau WR itu dihentikan oleh rektor sebelumnya. Kalau tidak terkena kasus itu, dia (Prof. Karomani, Red) memang punya hak. Tidak harus 4 tahun. Tetapi harus oleh rektor itu. Nah ini kan percepatan. Apakah ada hak rektor baru menghentikan (jabatan WR)," imbuhnya.

BACA JUGA: Sejarah! Prof. Lusmeilia Afriani, Wanita Pertama yang Menjadi Rektor Unila

Dilanjutkan, hal serupa pernah terjadi saat masa kepemimpinan Rektor Prof. Sugeng P. Haryanto. Di mana, ada salah satu pembatu rektor belum habis masa jabatannya dan akhirnya tetap melaksanakan sampai periodenya habis.

"Sama satu tahun pas, Prof. Tirza Hanum (Warek I 2007) habis masa jabatanya, lalu diganti dengan yang lain oleh Prof. Sugeng, Karena itu memang hak prerogratifnya,” urainya. 

Saat ditanya apakah dirinya sampai sudah mendengar beberapa nama yang digadang-gadang bakal menjadi Wakil Rektor II seperti Dr. Marselina?.

Prof. Murhadi mengaku belum mendapat informasi jelas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: