Resmi Dibuka, Ini Tata Cara Pendaftaran Akun SNPMB 2023

Resmi Dibuka, Ini Tata Cara Pendaftaran Akun SNPMB 2023

Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan resmi membuka pendaftaran akun sekolah dan siswa untuk Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 mulai hari ini. --

BACA JUGA: Jalur SNMPTN Unila 11.247 Pendaftar

3. Jika tahapan dua sudah selesai dilakukan, tahap berikutnya mendefinisikan kurikulum setiap semester tingkat sejumlah dengan total semester yang wajib ditempuh siswa. 

Dikurangi satu semester yang sedang berjalan. Untuk tiap jurusan yang didefinisikan pada tahapan sebelumnya juga wajib didefinisikan kurikulumnya.

4. Mendefinisikan mata pelajaran setiap semester tingkat.

5. Melakukan finalisasi data kurikulum.

BACA JUGA: Prodi Hukum Unila Favorit SNMPTN

6. Mengisi jenis studi setiap siswa eligible per jurusan.

7. Mengisi nilai per siswa per semester tingkat dengan mata pelajaran yang telah didefinisikan sebelumnya. Ini dilakukan per siswa maupun secara bulk upload.

8. Melakukan finalisasi data nilai.

Diberitakan sebelumnya, Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 bakal dimulai Januari 2023. 

BACA JUGA: Perhatikan Ini Sebelum Mendaftar SNMPTN

Ada beberapa perubahan dalam tahapan peneriman mahasiswa. Di antaranya pendaftaran oleh siswa sesuai dengan jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang akan dipilih.

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Plt Dirjen Dikti Ristek) Nizam menuturkan, ada tiga jalur masuk PTN yang dibuka pada SNPMB 2023 yang sebelumnya bernama SNMPTN. 

Tiga jalur tersebut sama seperti tahun 2022. Perbedaannya adalah skema ujian atau sistem seleksi.

“Pada dasarnya, jalur seleksi sama dengan tahun 2022. Tetapi yang membedakan adalah ujiannya," sebut Prof. Nizam dalam konfrensi persnya secara hybrid, Kamis 1 Desember 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: