Masih Bingung Milih Jurusan Apa buat Kuliah? Simak Tips Berikut

Masih Bingung Milih Jurusan Apa buat Kuliah? Simak Tips Berikut

Ilustrasi Perkuliahan.-Pixabay-

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemilihan jurusan di bangku perkuliahan untuk jenjang pendidikan tinggi memang sering kali menjadi permasalahan yang muncul di kalangan calon mahasiswa.

Di mana, memilih jurusan yang tepat benar-benar perlu diperhatikan, supaya tidak timbul masalah saat menjalani proses perkuliahan karena merasa salah jurusan.

Sejatinya, pendaftaran akun sekolah dan siswa yang akan mengikuti SNPMB 2023 ini dibuka sejak Senin 7 Januari 2022, sehingga kalian sudah harus bisa milih jurusan untuk kuliah.

Ya, pembuatan akun berlangsung hingga 9 Febuari 2023 mendatang. Akun tersebut digunakan untuk mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT).

BACA JUGA:Hore! Bansos BPNT 2023 Rp 600 Ribu Cair Pertengahan Januari, Cek Nama Penerima Di Sini

Dirangkum Radarlampung.co.id dari berbagai sumber, berikut ini empat tips yang harus kalian pahami jika masih bingung dalam pemilihan jurusan kuliah dalam pendaftaran SNPMB 2023:

1. Tentukan Cita-Cita 

Hal pertama yang mesti kalian lakukan adalah dengan menentukan cita-cita atau menentukan hal apa yang ingin kamu lakukan setelah menempuh bangku pendidikan tinggi.

Demi mencapainya cita-cita tersbut, maka kalian harus punya gambaran tentang langkah apa yang mesti dilakukan selama belajar di bangku perkuliahan nanti.

Salah satu langkah yang mesti dilakukan adalah dengan memilih jurusan sehingga saat memilih kegiatan tambahan di luar jam perkuliahan, kalian bisa mengerti dan memahami bagaimana cara efisiensi waktu agar tidak terbuang sebab memiliki tujuan tertentu di masa depan.

2. Tingkatkan Self Awarness

Jika kalian masih merasa bingung dalam pemilihan jurusan di bangku pendidikan tinggi, kamu juga harus meningkatkan self  awareness.

Self awareness itu sendiri merupakan suatu kondisi saat kalian sudah bisa memahami diri sendiri dengan baik, mulai dari minat, bakat, hobi, dan potensi yang kalian miliki.

Meningkatkan self awareness dinilai bisa mengurangi risiko salah memilih jurusan sehingga tidak ada penyesalan di kemudian hari saat kalian sudah mulai terjun ke dalam jurusan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: