Dapat Julukan Tanaman Ajaib, 10 Khasiat dari Tanaman Kelor, No.7 Bisa Dicoba

Dapat Julukan Tanaman Ajaib, 10 Khasiat dari Tanaman Kelor, No.7 Bisa Dicoba

Daun kelor. Foto Pixabay--

Daun kelor mengandung fenol dengan jumlah yang cukup besar sehingga berfungsi sebagai penangkal radikal bebas, kandungan senyawa fenol pada daun kelor segar sebesar 3.4 persen, sedangkan kandungan fenol pada daun kelor yang sudah direbus adalah sebesar 1.6 persen

6. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A dapat menjaga kesehatan mata seperti mencegah risiko mata Plus, Minus, Silinder hingga Katarak. Vitamin A tersebut dapat ditemukan pada tanaman kelor.

7. Mencegah Penuan Dini

Vitamin A tidak hanya berfungsi sebagai kesehatan mata saja, tetapi dapat memperlambat penuan dini pada wajah. Kandungan kelor yang bersifat anti-aging sangat cocok untuk diolah menjadi masker bubuk atau dengan dikonsumsi langsung.

8. Obat Cacingan

Daun kelor juga berfungsi sebagai obat cacingan, cara membuat cukup gampang dengan merebus dan kelor bersama cabai dan meniran.

Kandungan lektin, anti-imflamasi, anti mikroba serta anthelmintik yang berfungsi melawan Parasit, Cacing Kremi dan Cacing Pita.

9. Obat Untuk Asam Lambung

Asam lambung merupakan zat dilambung yang berfungsi untuk mengelolah makanan, namun ketika keluar akan menimbulkan rasa tidak nyaman seperti mual hingga sensasi terbakar ditenggorokan.

10. Tinggi Nutrisi

Rahasia dari julukan yang diberikan untuk daun kelor sendiri dikarnakan daun hjau ini kaya akan nutrisi, mengonsumsi secangkir daun kelor mengandung protein, Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin C, Zat Besi, Riboflavin dan Magnesium.

Hingga tak heran jika banyak produsen yang mengelola daun kelor baik dijadikan kapsul atau bubuk penambah makanan. Namun yang perlu diperhatikan bahwa daun kelor memiliki kandungan antinutrisi, seperti mengurangi penyerapan nutrisi dan mineral dan protein jenis lain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: