Mengenal Laguna Gayau, Pesona Kencantikan Alam yang Tersembunyi di Teluk Kiluan

Mengenal Laguna Gayau, Pesona Kencantikan Alam yang Tersembunyi di Teluk Kiluan

Wisata laguna gayau di Teluk Kiluan, Kabupaten Tanggamus. Foto M Daniel Pratama --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Salah satu tempat wisata di Lampung yang sangat populer di kalangan wisatawan adalah Laguna Gayau di Kabupaten Tanggamus tepatnya di desa Kiluan Negeri dan di kecamatan Kelumbayan. 

Laguna Gayau juga dikenal sebagai Giant Pool atau Sea Pool sebenarnya Laguna Gayau adalah sebuah laguna yang terletak di belakang Bukit Kiluan dan bersebelahan dengan Pantai Gayau yang indah.

Arti dari laguna sendiri adalah kumpulan air asin yang dipisahkan dari laut oleh gugusan batu karang sebagai pembatas yang sekilas terlihat seperti kolam alami.

Dengan kedalaman yang sedang dan sangat luas serta warna airnya yang biru, banyak dicari wisatawan yang ingin menikmati segarnya air laut di Laguna Gayau. 

BACA JUGA:Catat! Ini Daftar Lembaga Amil Zakat Resmi Tingkat Nasional dan Provinsi

Namun, harap berhati-hati karena gelombang pasang Samudera Hindia sangat besar sehingga bisa menenggelamkan anda atau bahkan menghanyutkan anda. 

Oleh karena itu, keamanan tetap harus diperhatikan saat mengunjungi Laguna Gayau. Dan katanya sekarang wisatawan tidak bisa masuk Laguna Gayau tanpa pemandu, dan juga harus memperhatikan cuaca saat itu. 

Pasalnya, ada banyak korban yang hanyut terbawa ombak saat berenang di Laguna Gayau. lalu ke Teluk Kiluan melalui jalan darat selama kurang lebih 6 jam. Sedangkan untuk menuju Laguna Gayau, harus melakukan pendakian dengan waktu sekitar 30 menit.

Sebelum memasuki jalur wisata Laguna Gayau, pengunjung harus membeli tiket seharga Rp 5.000 per orang. Jalur pendakian yang seharusnya ditempuh dengan berjalan kaki selama 30 menit ini merupakan area pendakian dengan jalur bebatuan naik turun. 

BACA JUGA:Dengar Keluh Kesah Masyarakat, Ini Pembahasan yang Dilakukan oleh Kapolres Tubaba

Selama jalan-jalan kita bisa menikmati sejuknya udara menuju Laguna Gayau yang masih bisa menikmati pemandangan laut lepas dari atas bukit.

Dengan perkiraan kedalaman 1 hingga 3 meter, laguna ini aman untuk berenang atau sekedar berendam. Beberapa pengunjung Laguna Gayau juga melompat dari batu ke laguna. 

Jika diperhatikan, air laguna terlihat sangat jernih, berwarna biru kehijauan. Bebatuan di dasar laguna juga terlihat jelas, karena jika sinar matahari yang cerah masuk ke dalam air. 

Di sebelah laguna juga terdapat kolam yang lebih kecil dan dangkal tempat ikan saling berburu, yang sekilas terlihat seperti akuarium alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: