Kominfo Siapkan Beragam Pelatihan Digital Guna Tingkatkan Talenta Digital

Kominfo Siapkan Beragam Pelatihan Digital Guna Tingkatkan Talenta Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika siapkan program penyediaan talenta digital--kominfo.go.id

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menyiapkan beberapa pelatihan gratis untuk masyarakat dalam meningkatkan talenta digital di dunia kerja nantinya.

Hary Budiarto selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) mejelaskan, Kominfo telah mengatakan hal itu sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo tentang program akselerasi transformasi digital pada seluruh lembaga dan organisasi masyarakat.

"Melalui Badan Penelitian dan pengembangan SDM melaksanakan pendidikan dan pelatihan untuk bidang komunikasi, telekomunikasi dan informatika," ujar Hary dalam wawancara dengan wartawan di Kantor Kominfo, Senin 31 Januari 2023.

Adapun program-program yang disiapkan Kominfo salah satunya ialah Program Digital Leadership Academy (DLA).

BACA JUGA:Terbaru! Cek Harga BBM Per 1 Februari 2023, Pertamax Turbo di Lampung Naik

Program tersebut akan ditujukan kepada seluruh pimpinan pemerintahan pusat dan daerah.

Selain itu, program tersebut dikhususkan kepada pimpinan BUMN maupun non  BUMN. Kemudian juga akan ditujukan pada swasta yaitu founder - founder startup digital lainnya.

Hary mengatakan, Kominfo akan bekerjasama dengan 8 kampus internasional seperti Nasional Oxford University, University of Singapore, Harvard University, dan tahun ini juga sedang mencoba untuk bekerja sama dengan Stanford University terkait program Digital Leadership Academy.

Sementara kuota yang disiapkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika terkait program Digital Leadership Academy mencapai 200 orang dari 500 kota di seluruh Indonesia.

Selain program Digital Leadership Academy, Kementerian Komunikasi dan Informatika juga sudah mempersiapkan pelatihan Digital Talent Sholarship.

BACA JUGA:Daftar Wilayah Uji Coba SPBU Nelayan Per 1 Februari 2023

Adapun sasaran dari program ini ialah untuk mereka yang telah bekerja minimal 2 tahun. Sedangkan waktu pelatihan akan diberikan 3 bulan lamanya.

Selain itu, program lain yang telah dipersiapkan Kominfo adalah pelatihan khusus bagi lulusan universitas yaitu Fresh Graduate Academy (FGA).

Selain itu, juga ada pelatihan-pelatihan khusus yang menyasar bagi sekolah vokasi dimana segmentasi dari pelatihan khusus lulusan sekolah vokasi minimal SMK sampai mahasiswa D4.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dikutip dari berbagai sumber