Terbaru! Tujuh Cara Mendaftar Program KIP Kuliah Tahun 2023

Terbaru! Tujuh Cara Mendaftar Program KIP Kuliah Tahun 2023

Ilustrasi KIP Kuliah. (Sumber: Fin)--

Untuk pendaftaran KIP Kuliah di PTKIN biasanya akan dilakukan setelah mahasiswa baru selesai melakukan daftar ulang masuk kampus.

Perlu diingat bahwa seleksi penerima KIP Kuliah di PTKIN akan berlangsung ketat. Hal tersebut disebabkan kuota penerima yang lebih sedikit dibandingkan dengan kuota KIP Kuliah PTN di bawah naungan Kemendikbud.

Kuota yang diperoleh PTKIN di bawah naungan Kemenag bakal lebih sedikit sehingga seleksinya nanti bakal berlangsung ketat.

Akibat dari seleksi ketat yang dilakukan itu, maka kompetensi prestasi akan sangat diperhitungkan di masing-masing kampus PTKIN penyelenggara KIP Kuliah.

BACA JUGA:8 Sungai Indah yang Ada di Indonesia, Lampung Masuk Tidak?

Tak hanya itu, biasanya akan dilakukan tes seleksi yang diujikan untuk pelamar KIP Kuliah untuk menilai apakah mahasiswa tersebut layak atau tidak menerima program ini.

Kemudian untuk besaran bantuan yang akan diperoleh penerima KIP Kuliah di bawah naungan Kemenag memang tidak sebesar yang diterima penerima KIP Kuliah di bawah naungan Kemendikbud.

Penerima KIP Kuliah PTKIN hanya akan mendapatkan bantuan sebesar Rp2,4 juta untuk biaya pendidikan dan Rp4,2 juta untuk biaya hidup.

Dikarenakan ada beberapa PTKIN yang mewajibkan penerima KIP Kuliah tinggal di asrama, maka biaya hidup akan langsung dipotong untuk biaya asrama/pondok. 

BACA JUGA:Layani Perusahaan Data Center di Riau, PLN Pasok Listrik Hijau dengan REC

Program KIP Kuliah ini tentu sangat dinantikan pembukaan pendaftarannya oleh para siswa, untuk mengetahui apakah ada perubahan terkait dokumen yang harus disiapkan.

KIP Kuliah kemungkinan besar akan dibuka sesuai dengan jadwal tahun 2022 kemarin.

Kalaupun nantinya ada perbedaan jadwal dengan tahun 2022, setidaknya jadwal yang dikeluarkan Kemendikbud maupun Kemenag tidak jauh berbeda antara tanggal dan bulannya.

Meski pendaftaran KIP Kuliah belum dibuka dan memiliki jadwal secara pasti, ada baiknya para siswa mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan dengan berpijak pada persyaratan dokumen tahun kemarin. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: