5 Senjata Tradisional Lampung, Lengkap dengan Ciri Khasnya

5 Senjata Tradisional Lampung, Lengkap dengan Ciri Khasnya

Berikut senjata khas Lampung. Foto @adatsenibudayalampung--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Lampung adalah salah satu provinsi yang memiliki senjata tradisional dan dua kota yaitu kota Bandar Lampung dan Kota Metro. 

Secara geografis, provinsi ini berada sebelah barat yang berbatasan dengan samudra hindia, di sebelah selatan berbatasan dengan selat sunda, dan di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Sumatra selatan dan di sebelah timur dengan laut jawa. 

Provinsi ini terkenal dengan sumber daya alam yang melimpah dan kekayaan budaya yang tidak tersohor dibandingkan dengan provinsi lan yang ada di pulau Sumatera.

Salah satu kebudayaan yang masih terkenal sampai sekarang adalah senjata tradisional. Senjata warisan turun temurun dari pendahulu yang dibilang praktis dan estetis, karena mudah di gunakan untuk berkebun,pertukangan,dan dapur.

BACA JUGA:9 Tempat Destinasi Wisata di Sumatera, Lampung Urutan ke Berapa?

Apa saja jenis senjata tradisional lampung? Yuk simak kali ini radarlampung.co.id telah merangkum 5 senjata tradisional lampung.

1. Keris Terapang

Senjata tradisional khas lampung yang masih cukup populer sampai sekarang adalah Keris Terapang (Tekhapang).

Senjata ini dulu nya sering di gunakan para bangsawan zaman dulu yang digunakan untuk menjaga diri dari musuh, seiring berjalannya waktu senjata ini sering di gunakan masyarakat saat acara ritual adat lampung. 

Seperti aksesoris pakaian adat pengantin pria, yang melambangkan keberanian dan tanggung jawab untuk keselamatan istrinya. Senjata ini tidak bisa di temukan di semua wilayah lampung, namun bisa di temukan di daerah tulang bawang udik dan lampung utara.

BACA JUGA:Satlantas Polres Way Kanan Berikan Penyuhan Tertib Lalu Lintas Kepada Pengguna Jalan

2. Senjata Tradisional Payan Lampung

Dalam bahasa indonesia payan artinya tombak, senjata warisan leluhur ini memiliki kekuatan magis. 

Cara menemukan senjata yang memiliki kekuatan magis, kamu bisa menandainya dengan sarung (Warangka) yang di tutupkan ke mata tombak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber