Terbaru! Begini Prosedur Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka Tahun 2023

Terbaru! Begini Prosedur Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka Tahun 2023

Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka Tahun Anggaran 2023. FOTO/INSTAGRAM @puslapdik_dikbud--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi resmi membuka pendaftaran KIP Kuliah tahun anggaran 2023.

Pembukaan pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka tahun 2023 diketahui dibuka mulai 14 Februari sampai dengan 31 Oktober 2023 mendatang.

Demikian pantauan Radarlampung.co.id dari akun Instagram @puslapdik_dikbud, Rabu, 15 Februari 2023.

Untuk mengikuti program KIP Kuliah Merdeka tahun anggaran 2023 ini, para calon mahasiswa tentunya harus teliti dalam memperhatikan prosedur pendaftaran yang bakal dilakukan.

BACA JUGA: Terbaru! Ini Dua Cara Mudah Daftar KIP Kuliah Merdeka Tahun 2023

Adapun prosedur pendaftaran KIP Kuliah Merdeka tahun anggaran 2023 adalah sebagai berikut.

Prosedur Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka Tahun Anggaran 2023

1. Siswa mendaftarkan diri melalui Web-sistem di laman kip-kuliah.kemendikbud.go.id. Atau bisa juga melalui aplikasi KIP Kuliah mobile.

2. Siswa wajib memasukkan NIK (Nomor Induk Keluarga), NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), serta alamat email yang aktif dan valid.

BACA JUGA: Resmi Dibuka! Ini Jadwal Penting Proses Seleksi Program KIP Kuliah Merdeka Tahun 2023

3. Selanjutnya sistem KIP Kuliah akan melakukan validasi terhadap NIK, NISN, NPSN untuk menilai kelayakan siswa dalam mendapatkan KIP Kuliah.

4. Apabila proses validasi sistem berhasil, maka siswa akan mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses yang dikirim melalui email yang didaftarkan.

5. Saat akan menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah Merdeka, siswa akan disuruh untuk memilik jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang diikuti seperti SNBP/SNBT/UMPN/Mandiri.

6. Setelah itu, siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi nasional seleksi masuk perguruan tinggi sesuai dengan jalur seleksi yang dipilih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: