Rekomendasi 8 Kampus Di Indonesia Yang Mempunyai Jurusan Ilmu Kelautan

Rekomendasi 8 Kampus Di Indonesia Yang Mempunyai Jurusan Ilmu Kelautan

8 PTN dengan jurusan ilmu kelautan didalamnya--Fotografer Yunita Febrianti

RADARLAMPUNG.CO.ID - Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari belasan ribu pulau. Bahkan 2/3 wilayah Indonesia termasuk kategori perairan.

Karakteristik geografis yang menjadikan Indonesia itu kaya akan potensi bahari. Akan tetapi, sumber daya manusia untuk mengolah semua itu rasanya belum terlalu optimal.

Oleh karena itu, mendalami keilmuan di bidang kelautan adalah pilihan yang tak kalah menarik, nih. Ilmu Kelautan atau Oseanologi tersebut berasal dari kata 'oceanos' yang berarti laut dan 'logos' yang berarti ilmu. Singkatnya, Oseanologi mempelajari berbagai aspek tentang 'laut' lengkap dengan kajian fisika, kimia, biologi dan geologinya termasuk biota dan sumber dayanya, bahkan hukum-hukum yang berlaku terkait laut.

BACA JUGA:Rekomendasi Kampus di Indonesia Yang Cocok Bagi Pecinta Perfilman

Nah, untuk kalian yang tertarik dengan bidang tersebut, ini deretan perguruan tinggi negeri dengan jurusan Ilmu Kelautan.

Universitas Indonesia

Universitas Indonesia (UI) memiliki jurusan Ilmu Kelautan di bawah Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP). Jurusan Ilmu Kelautan di UI menawarkan program studi Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3) dengan fokus pada penelitian dan pengelolaan sumberdaya laut dan pesisir.

BACA JUGA:Mau Kuliah di Jurusan Fotografi? Berikut Ini 12 Kampus Yang Memiliki Jurusan Fotografi

Beberapa bidang studi yang dapat dipelajari dalam jurusan ini antara lain oseanografi, biologi laut, kimia laut, geologi laut, teknologi kelautan, manajemen sumberdaya kelautan, dan konservasi laut dan pesisir. Jika Anda tertarik untuk mengejar studi di bidang Ilmu Kelautan, UI dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) memiliki jurusan Ilmu Kelautan di bawah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK). Jurusan Ilmu Kelautan UGM menawarkan program studi Sarjana (S1) dengan fokus pada penelitian dan pengelolaan sumberdaya laut dan pesisir.

Beberapa bidang studi yang dapat dipelajari dalam jurusan ini antara lain oseanografi, biologi laut, kimia laut, geologi laut, teknologi kelautan, manajemen sumberdaya kelautan, dan konservasi laut dan pesisir. Selain itu, jurusan Ilmu Kelautan UGM juga menawarkan program studi Magister (S2) dan Doktor (S3) bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

BACA JUGA:Mau Kuliah di Jurusan Fotografi? Berikut Ini 12 Kampus Yang Memiliki Jurusan Fotografi

UGM memiliki reputasi yang baik sebagai universitas yang fokus pada bidang ilmu alam dan teknologi termasuk Ilmu Kelautan. Dengan memilih jurusan Ilmu Kelautan di UGM, Anda akan memiliki kesempatan untuk belajar dari para ahli dan dosen yang berkualitas serta mengembangkan keterampilan dan pengetahuan dalam bidang Ilmu Kelautan.

Universitas Sriwijaya

Universitas Sriwijaya (UNSRI) memiliki jurusan Ilmu Kelautan di bawah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK). Jurusan Ilmu Kelautan UNSRI menawarkan program studi Sarjana (S1) dengan fokus pada penelitian dan pengelolaan sumberdaya laut dan pesisir.

Beberapa bidang studi yang dapat dipelajari dalam jurusan ini antara lain oseanografi, biologi laut, kimia laut, geologi laut, teknologi kelautan, manajemen sumberdaya kelautan, dan konservasi laut dan pesisir. Selain itu, UNSRI juga menawarkan program studi Magister (S2) dan Doktor (S3) bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

BACA JUGA:Beasiswa Bank Indonesia (BI) 2023 Telah di Buka, Daftar Segera!!!

UNSRI memiliki lokasi yang strategis di wilayah Sumatera Selatan yang berbatasan dengan perairan Selat Sunda dan Laut Jawa. Sebagai universitas yang fokus pada bidang ilmu kelautan dan perikanan, UNSRI memiliki fasilitas dan laboratorium yang memadai serta didukung oleh dosen dan tenaga kependidikan yang berkualitas. Jika Anda tertarik untuk mengejar studi Ilmu Kelautan, UNSRI dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin (Unhas) memiliki jurusan Ilmu Kelautan di bawah Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP). Jurusan Ilmu Kelautan Unhas menawarkan program studi Sarjana (S1) dengan fokus pada penelitian dan pengelolaan sumberdaya laut dan pesisir.

Beberapa bidang studi yang dapat dipelajari dalam jurusan ini antara lain oseanografi, biologi laut, kimia laut, geologi laut, teknologi kelautan, manajemen sumberdaya kelautan, dan konservasi laut dan pesisir. Selain itu, Unhas juga menawarkan program studi Magister (S2) dan Doktor (S3) bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

BACA JUGA:Terbaru! Begini Prosedur Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka Tahun 2023

Unhas memiliki lokasi yang strategis di wilayah Sulawesi Selatan yang berbatasan dengan perairan Selat Makassar dan Laut Sulawesi. Sebagai universitas yang fokus pada bidang ilmu kelautan dan perikanan, Unhas memiliki fasilitas dan laboratorium yang memadai serta didukung oleh dosen dan tenaga kependidikan yang berkualitas. Jika Anda tertarik untuk mengejar studi Ilmu Kelautan, Unhas dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memiliki jurusan Ilmu Kelautan di bawah Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP). Jurusan Ilmu Kelautan ITS menawarkan program studi Sarjana (S1) dengan fokus pada pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya laut dan pesisir. Beberapa bidang studi yang dapat dipelajari dalam jurusan ini antara lain oseanografi, biologi laut, kimia laut, geologi laut, teknologi kelautan, manajemen sumberdaya kelautan, dan konservasi laut dan pesisir.

BACA JUGA:Terbaru! Ini Dua Cara Mudah Daftar KIP Kuliah Merdeka Tahun 2023

ITS memiliki lokasi yang strategis di Surabaya, Jawa Timur yang dekat dengan wilayah pesisir pantai utara Jawa. Sebagai universitas yang fokus pada bidang ilmu kelautan dan perikanan, ITS memiliki fasilitas dan laboratorium yang memadai serta didukung oleh dosen dan tenaga kependidikan yang berkualitas. Selain itu, ITS juga memiliki program studi lain yang terkait dengan kelautan dan perikanan seperti Teknik Perkapalan, Teknik Kelautan, dan Manajemen Sumberdaya Perairan.

Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor (IPB) memiliki jurusan yang terkait dengan Ilmu Kelautan yaitu Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan di bawah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Program studi ini membahas tentang manajemen sumber daya perairan dengan fokus pada pengelolaan, pemantauan, dan konservasi perairan, termasuk sumber daya kelautan. Dalam program studi ini, mahasiswa dapat mempelajari beberapa bidang studi seperti manajemen perikanan, manajemen sumber daya perairan, ekonomi perikanan, dan kebijakan perikanan.

BACA JUGA:Resmi Dibuka! Ini Jadwal Penting Proses Seleksi Program KIP Kuliah Merdeka Tahun 2023

Selain Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan, IPB juga memiliki beberapa program studi lain yang terkait dengan ilmu alam seperti Biologi, Kehutanan, Geologi, dan Pertanian, yang mungkin dapat relevan dengan Ilmu Kelautan.

Jika Anda tertarik untuk mengejar studi Ilmu Kelautan secara khusus, Anda dapat mencari universitas lain yang menawarkan program tersebut seperti Universitas Hasanuddin, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Sriwijaya. Namun, jika Anda tertarik untuk belajar tentang manajemen sumber daya perairan dan ingin belajar di IPB, Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro (Undip) memiliki jurusan Ilmu Kelautan di bawah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Jurusan Ilmu Kelautan Undip menawarkan program studi Sarjana (S1) dengan fokus pada penelitian dan pengelolaan sumberdaya laut dan pesisir. Beberapa bidang studi yang dapat dipelajari dalam jurusan ini antara lain oseanografi, biologi laut, kimia laut, geologi laut, teknologi kelautan, manajemen sumberdaya kelautan, dan konservasi laut dan pesisir.

BACA JUGA:Simak, Ini Persyaratan Daftar Beasiswa Program Afirmasi PADINAKES

Undip memiliki lokasi yang strategis di Semarang, Jawa Tengah yang berada di tepi pantai utara Jawa. Sebagai universitas yang fokus pada bidang ilmu kelautan dan perikanan, Undip memiliki fasilitas dan laboratorium yang memadai serta didukung oleh dosen dan tenaga kependidikan yang berkualitas. Selain itu, Undip juga menawarkan program studi Magister (S2) dan Doktor (S3) bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Itu tadi beberapa rekomendasi universitas yang mempunyai jurusan ilmu kelautan, jika kamu tertarik bisa langsung mendaftarkan diri mu di jurusan ilmu kelautan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dikutip dari berbagai sumber