Ribuan Mahasiswa Bersiap Ikuti Magang Bersertifikat Angkatan 4 

Ribuan Mahasiswa Bersiap Ikuti Magang Bersertifikat Angkatan 4 

Ilustrasi magang.-Pixabay-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kemendikbud Ristek menyatakan bahwa sebanyak 25.952 mahasiswa bakal mengikuti Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dengan Mitra, Organisasi dunia dalam waktu dekat ini.

Belum lama ini, Dirjen Diktiristek telah menggelar National Onboarding MSIB Angkatan 4, dengan mengusung tema Mahasiswa Adaptif, SDM Indonesia Kompetitif.

Plt. Dirjendikti Prof. Nizam mengatakan, penugasan mahasiswa ini bertujuan agar para mereka bisa memanfaatkan keikutsertaannya, dan berpesan supaya dalam program MSIB bisa semaksimal mungkin mengikutinya.

"Kepada mitra, kami meminta agar bisa melatih mahasiswa baik itu softskill hingga hardskill mereka. Sehingga para mahasiswa memiliki kemampuan yang sama dengan para staf, dan  anggap para mahasiswa sebagai masa depan perusahaan yang menjadi tempat magang," katanya, dikutip dari laman Kemendikbud, Minggu, 19 Februari 2023.

BACA JUGA:Marak Curanmor, Ini Permintaan Warga Tanggamus

Prof. Nizam menyebut program MSIB merupakan salah satu program unggulan Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. 

Di mana, mahasiswa yang mengikuti kegiatan National Onboarding ini terdiri dari mahasiswa program sarjana maupun vokasi  yang ada di seluruh Indonesia.

"Mereka adalah yang terpilih dari 79.769 pendaftar, dan telah menerima tawaran magang dan studi independen dari para mitra terpilih yang kredibel," ujarnya.

Diungkapkan Nizam, program ini memiliki dampak besar bagi mahasiswa khususnya dalam keterserapannya di dunia kerja yang jauh lebih cepat. 

BACA JUGA:SBY : Pastikan Punya Ugrensi yang Kuat untuk Merubah Sistem Pemilu

Di mana, penghasilan pertama yang diperoleh alumni MSIB hampir dua setengah kali lipat lebih besar, dibandingkan mahasiswa yang tidak mengikuti MSIB maupun program Kampus Merdeka lainnya.

"Jadi ini adalah kesempatan yang sangatt bermanfaat," imbuhnya.

Ditambahkan, Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi Beny Bandanadjaja, program magang tersebut terbukti sangat membantu mahasiswa setelah lulus dalam hal mencari pekerjaan.

"Dengan adanya program MSIB ini, dapat mempercepat akses mahasiswa pendidikan tinggi vokasi. kepada tempat-tempat magang atau industri-industri terbaik yang ada di Indonesia," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: