Tempat Pembuangan Sampah Sementara Akan Dibangun di Mesuji

Tempat Pembuangan Sampah Sementara Akan Dibangun di Mesuji

Ilustrasi sampah. (foto dok. pixabay)--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Mesuji berencana membangun Tempat Penampungan Sampah (TPS) baru di kawasan Kota Mandiri Terpadu Kecamatan Mesuji Timur dan Desa Gedungram, Kecamatan Tanjungraya.

Rencana pembangunan TPS itu disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mesuji Agung Subandara, pada Rabu 22 Februari 2023.

Menurut Agung, rencana pembangunan TPS 3 R itu sebagai salah satu upaya mengatasi permasalah sampah yang semakin kompleks di Kabupaten Mesuji.

"Jumlah sampah di Kabupaten Mesuji ini terus meningkat. Karena itu, perlu dilakukan upaya serius untuk mengatasi permasalahan sampah. Salah satunya, kita berencana membangun TPS yang baru di kawasan Kota Mandiri Terpadu," kata Agung.

Nantinya, pada TPS yang akan dibangun di kawasan Kota Mandiri Terpadu dan Desa Gedungram itu, akan dilakukan proses daur ulang sampah organik menjadi produk yang bernilai ekonomi, seperti pupuk.

Pada Senin kemarin kami melaksanakan peringatan HPSN, yang dilaksanakan dalam bentuk kegiatan pengumpulan sampah secara serentak.

"Peringatan HPSN ini kita lakukan dengan kegiatan pengumpulan sampah secara serentak, yang melibatkan seluruh organisasi perangkat daerah, aparat desa dan masyarakat," ungkapnya.

Pengumpulan sampah secara serentak itu dilakukan di berabgai lokasi, terutama pasar dan pusat-pusat kegiatan publik.

"Sampah-sampah yang dikumpulkan ini akan dipilah pilih. Sampah nonorganik seperti plastik akan didaur menjadi produk yang bernilai ekonomi. Hasilnya nanti akan dikembalikan ke kas desa untuk membantu program pembangunan desa," terangnya.

Sedangkan sampah organi akan diolah menjadi pupuk kompos. "Kami bagikan tong komposter untuk sampah organik dicampur cairan, tanah dan EM4. Tujuannya mengudukasi masyarakat pentingnya pengolah sampah, sebelum dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir di Desa Margorahayu, Kecamatan Simpangpematang," jelasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: