DPRD Dorong Pengembangan Madu Trigona Sungkai Utara

DPRD Dorong Pengembangan Madu Trigona Sungkai Utara

Ketua DPRD Lampura Wansori(tengah) saat mencicipi madu trigona di kecamatan Sungkai Utara --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Desa Baru Raharja, Kecamatan Sungkai Utara, Kabupaten Lampung Utara (Lampura), miliki pembiakan madu trigona di areal perkebunan sawit milik salah seorang warga berada di wilayah itu.

Pembiakan madu trigona yang bernama Bramara Sentosa Farm ini, selain mengisap sari murni dari pohon sekitar, seperti akasia dan kelapa sawit. Disana juga pembudidaya sengaja menanam bunga - bungaan yang dapat menjadi nehtar diproduksi menjadi madu.

"Meski ini baru merintis bang, tapi sudah banyak yang datang seperti sekolah, dinas/instansi dan lainnya," ujar pembudidaya madu trigona, Santoso, Senin, 27 Februari 2023.

Sejauh ini, menurutnya, di sana tidak hanya bertindak sebagai pembudidaya, akan tetapi juga menjual hasil dari petani berada disekitar taman pembiakan madu trigona.

BACA JUGA:Oknum ASN Dilaporkan Aniaya Seorang Warga

"Alhamdulillah, barusan Ketua DPRD Lampura, Wansori datang kesini untuk mencoba. Beliau mengapresiasi, dan berjanji akan mendorong peningkatan usaha disini," terangnya.

Sampai saat ini, dijelaskannya, segala proses dalam meningkatkan skala penjualan madu trigona itu sedang dalam proses. Seperti perizinan, BPOM, dan lainnya sehingga layak untuk dikonsumsi.

"Beliau (ketua dewan) juga mendorong itu (izin). Sehingga kedepan dapat dijual secara luas, guna meningkatkan pendapatan masyarakat. Khususnya petani madu trigona," tambahnya.

Perbedaan mencolok, kata dia, pembudidaya madu trigona dengan lainnya ialah relatif lebih aman dari lainnya. Sebab, lebah yang menghasilkan madu itu tidak menyengat, hanya mengigit itu pun rasa tak sakit. Sehingga aman bagi petani.

BACA JUGA:Soal Korban Pencurian Hewan Ternak, Ini yang Dilakukan Bupati Lampura

"Prosesnya juga tidak patah, sebab lebah madu ini biasa bersarang di kayu - kayu tua dekat dengan kita. Sehingga mudah - muda gampang, dan ini banyak yang nyari," terangnya.

Ketua DPRD Lampura, Wansori mendatangi lokasi dan langsung mencicipi madu dari hasil pembudidaya tani mengatakan, pihaknya mendorong industri kreatif masyarakat (UMKM) tersebut dapat lebih eksis, dalam upaya menambah penghasilan warga.

Apalagi itu, kata dia, menjadi sentra penjualan dari hasil budidaya warga disana. Sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Kita mendorong, agar usaha UMKM yang dilakukan warga ini dapat berkembang baik. Sehingga dapat meningkatkan ekonomi warga," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: