Iklan Bos Aca Header Detail

Bulog Pastikan Ketersedian Beras Bulan Ramadhan Aman

Bulog Pastikan Ketersedian Beras Bulan Ramadhan Aman

Foto Anggi Rhaisa/Radar Lampung : Kepala Kanwil Bulog Lampung, Etik Yulianti saat diwawancarai awak media--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Badan Urusan Logistik (Bulog)  kanwil Lampung merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyiapkan sejumlah strategi dalam menghadapi puasa ramadhan 1444 hijiriah terutama dalam menekan kenaikan harga atau inflasi bahan kebutuhan pokok di Lampung. 

Kepala Kanwil BULOG Lampung, Etik Yulianti, menyampaikan ketika Ramadhan sudah sering terjadi  inflasi kebutuhan bahan pokok. 

Selain itu, guna menekan inflasi saat ramadhan,  Bulog lampung melakukan beberapa langkah guna memastikan pelaksanaan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) berupa operasi pasar hingga pangan murah.

"Untuk menekan itu , kami siap mengadakan SPHP berupa operasi pasar sampai lebaran Hari Raya Idul fitri , bahkan hingga akhir tahun 2023," jelas Etik Yulianti saat jumpa pers di Bandar Lampung, Rabu,1 Maret 2023 di Begadang Resto. 

Selain itu, Bulog Lampung juga sudah berusaha untuk menekan utamanya kenaikan harga beras, salah satunya dengan menambah stok dan juga permintaan beras .

Etik menegaskan bahwa Bulog siap akan penyediaan pemasokan stok beras untuk bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri. Saat ini stok beras ada 17000 ton.

"Bahkan kita  bakal ada tambahan karena kita akan  menyerap stok beras. Jadi Berapapun permintaan kami siap,  karena stok saat ini tercukupi, kami juga menambah stok. Untuk paket lainnya, Bulog bekerjasama dengan sejumlah mitra untuk menyiapkan paket lebaran," jelas Etik Yulianti. 

Saat ini, Bulog Kanwil Lampung telah bekerjasama dengan retail yakni Indomaret dan Indo Grosir untuk menyediakan beras medium dijual serentak seharga Rp 9450 per Kg tersebar diseluruh pelosok daerah. 

"Nantinya beras di pasar toko pangan bekerjasama retail tersebut, jenisnya medium dijual seharga Rp 9.450 per kg, tersebar diseluruh pelosok daerah," ucapnya. 

Selain stabilitas pasokan harga pangan terkhusus jelang ramadhan 1444 H, Bulog Lampung juga telah memesan impor ketersedian daging sapi yakni sebanyak 25 ton dengan harga Rp.95 ribu per kg diimpor daging  Brazil yang bersertifikat halal. 

"Sesuai dengan intruksi pak Gubernur Lampung (Arinal Junaidi, red), Lampung tidak mengimpor dari Kerbau.Jadi kami dari Bulog telah memesan melalui Importir Brazil yakni 25 Ton daging Sapi dari Brazil yang telah bersertifikat halal.Insyalllah akan sampai di Lampung dalam waktu dekat," ujarnya. 

Oleh sebab itu, Etik memastikan bahwa Bulog menjual program stabilitas pasokan dan harga pangan, sehingga semua masyarakat bisa menikmati dengan harga terjangkau. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: