Iklan Bos Aca Header Detail

Ribuan Mahasiswa UT Diwisuda Direktur UPBJJ UT Bandar Lampung

Ribuan Mahasiswa UT Diwisuda Direktur UPBJJ UT Bandar Lampung

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Direktur UPBJJ Universitas Terbuka (UT) Bandar Lampung Dra. Sri Ismulyaty, M.Si., mengukuhkan 2.391 wisudawan/i tahap I tahun 2023 di Gedung Graha Adora, Rabu 1 Maret 2023

Dalam sambutannya, Dra. Sri Ismulyaty, M.Si., mengatakan, dengan jumlah lulusan sebanyak  itu, penyelenggaran Wisuda Periode I Tahap 1 dan 2 Masa Yudisium 2022.2 UT Lampung dibagi dalam dua tahap. Dimana tahap kedua dilaksanakan Kamis 2 Maret 2023.

’’Penyelenggaraan wisuda daerah ini merupakan agenda seremonial yang menandai perubahan status, dimana saudara tidak lagi menyandang status mahasiswa. Seiring dengan perubahan status ini, berubah pula tanggung jawab yang saudara pikul. Ketika menjadi mahasiswa, saudara memikul tanggung jawab akademik dominan. Mulai hari ini, tanggung jawab sosial yang dipikul akan semakin berat,’’ katanya.

Terusnya, secara sederhana, tanggung jawab sosial merupakan komitmen untuk merespon permasalahan sosial, atas dasar kepedulian sosial.

BACA JUGA:Bisa Jadi Contoh! Pelajar di Tanggamus Bantu Tangkap Bandit Curanmor

"Tentu saja, setiap makluk sosial memiliki tanggung jawab ini. Tetapi seorang sarjana memiliki tanggung jawab sosial yang lebih besar dikarenakan pengetahuan yang dimilikinya. Kalau ilmu pengetahuan yang saudara miliki tidak dimanifestasikan ke dalam tindakan sosial, maka nilai dari ilmu pengetahuan tersebut bisa menjadi luntur,’’ terang Sri Ismulyaty.

Menurutnya, ilmu pengetahuan merupakan kekuatan intelektual manusia, kekuatan luhur yang diraih manusia. Kekuatan ini akan bernilai tinggi jika digunakan untuk kepentingan kemanusiaan dan kemaslahatan masyarakat.

Dalam kesempatan itu Sri Ismulyaty juga mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan.

’’Kami segenap keluarga besar UT mengucapkan selamat dan sukses kapada saudara-saudari yang telah menyelesaikan studi di Universitas Terbuka. Tentu saja hal ini dilalui dengan pengorbanan yang luar biasa, kerja keras, kebertahanan, dan dukungan dari segenap keluarga dan kerabat,’’ ucapnya.

BACA JUGA:Konsisten Terapkan Prinsip Keberlanjutan, Indeks dan Peringkat ESG BRI Semakin Menanjak

Sementara, Rektor Universitas Terbuka, Prof. Ojat Darojat, M. Bus., Ph.D., melalui Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama Bapak Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D., menyebutkan, wisuda daerah kali ini terasa sangat istimewa jika dibandingkan dengan wisuda daerah sebelumnya.

’’Ini wisuda daerah kedua yang dilaksanakan tatap muka setelah dua tahun dilaksanakan secara virtual karena pandemi covid-19. Ini menjadi pembuktian bahwa kuliah jarak jauh bisa dilakukan dan pendidikan jarak jauh bukan pilihan kedua. Sebab kualitasnya sama dengan pendidikan tatap muka,’’ tegasnya.

Tahun 2022 lanjutnya, ada 9 ribu lebih CPNS alumni UT yang lolos menjadi PNS. ’’Jadi sekali lagi tidak ada kata minder.  Menjadi lulusan UT harus bangga, bahkan alumni UT bisa lebih baik dari alumni lainnya,’’ sebutnya.

Dia berharap Ilmu yang didapatkan saat mengenyam pendidikan jarak jauh bisa dibuktikan kepada rekan dan atasan terlebih bagi yang sudah bekerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: