Catat! MenPAN-RB Larang PNS atau ASN Umbar Harta di Media Sosial

Catat! MenPAN-RB Larang PNS atau ASN Umbar Harta di Media Sosial

-Sumber Foto: Website KemenPANRB-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Abdullah Azwar Anas menegaskan Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) dilarang pamer harta di media sosial.

Larangan pamer harta di medsos tersebut disampaikan Azwar Anas guna menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyoroti gaya hidup mewah sejumlah pejabat pajak.

Seperti Suryo Utomo, Rafael Alun Trisambodo, hingga Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto yang baru-baru ini sedang menjadi sorotan .

"Pak Presiden sudah memberikan arahan ya, tadi disampaikan supaya tidak pamer harta kekayaan di IG (Instagram) dan sebagainya," pesan Azwar Anas, Jumat 3 Maret 2023.

BACA JUGA:Jumat Curhat, Warga Pringsewu Minta Kelompok Nongkrong Ditertibkan

Azwar Anas menegaskan, aksi pamer harta yang dilakukan ASN bisa mencedarai suasana batin masyarakat.

Dia berharap para pegawai pemerintah agar lebih peka dengan membangun kebersamaan bersama masyarakat.

"Jadi, saya kira bapak presiden sangat tegas tadi memberikan arahan kepada KL dan ASN untuk lebih memahami membangun kebersamaan bersama rakyat," ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyoroti sejumlah pejabat yang bergaya hedonis lantaran dinilai tidak terpuji dan akan membuat masyarakat kecewa.

BACA JUGA:Miris, Sampah Plastik Sortiran Berserakan di Jalan Belakang Kampus UIN

"Menurut saya, pantas rakyat kecewa karena pelayanannya dianggap tak baik. Kemudian aparatnya perilakunya jemawa dan pamer kuasa, lalu pamer kekuatan, pamer kekayaan hedonis," ungkap Jokowi di Sidang Kabinet Paripurna, Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis 2 Maret 2023.

Jokowi meminta ASN fokus melayani masyarakat seraya mengimbau agar tidak ada lagi pejabat yang suka pamer kekayaan di media sosial.

"Supaya ditekankan kepada kita, kepada bawahan kita, jangan pamer kekuasaan, jangan pamer kekayaan, apalagi sampai dipajang-pajang di Instagram, di media sosial," tukas Jokowi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: