Pengawasan Orang Asing Hingga Ke Tingkat Kecamatan

Pengawasan Orang Asing Hingga Ke Tingkat Kecamatan

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) digelar di Hotel Emersia, Bandarlampung pada Senin, 6 Maret 2023. Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka langsung kegiatan ini.

Usai membuka kegiatan, Arinal mengatakan Timpora ini diharapkan dapat membantu mengawasi berbagai kegiatan Warga Negara Asing (WNA) yang ada di Lampung.

Timpora sendiri tidak hanya ada di lingkup Provinsi, namun kabupaten/kota bahkan hingga kecamatan.

Hal ini disampaikan Kepala Divisi Keimigrasian, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung Teodorus Simarmata.

BACA JUGA:Resmi Dibuka, Ini Rincian Insentif yang Diterima Peserta Kartu Prakerja Gelombang 49

"Timpora itu sifatnya koordinasi, masing-masing bekerja tugas pokok dan fungsi nya. Jadi kami imigrasi sebagai koordinator nya, hingga ke tingkat kecamatan," kata Teo.

Dia mengatakan apalagi Lampung sebagai salah satu provinsi yang sangat terbuka pada WNA. Karena di Lampung WNA tidak hanya bekerja, namun juga ada yang datang untuk berwisata.

"Di Lampung sangat terbuka pada WNA. ada bekerja, wisata, kunjungan ada, makanya kita rapatkan ini untuk koordinasi antar instansi," katanya.

Sementara Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan Timpora ini melibatkan koordinasi dengan berbagai pihak. Terutama yang menyangkut adanya WNA di Lampung.

BACA JUGA:Kejati Tetapkan Mantan Kepala DLH Bandarlampung dan Dua Pegawai DLH Tersangka

"Yang kita lakukan ini koordinasi dengan semua pihak, karena orang asing ini kan belum tentu menyebabkan negatif di kita. Tapi memang pengendalian nya harus kita jaga jangan sampai ada penyalahgunaan nya," kata Arinal.

Karena itu, gagasan Kemenkumham, dan Imigrasi, sangat baik dengan adanya kegiatan ini. Karena diharapkan dapat mengendalikan masyarakat luar negeri di Lampung.

"Lampung juga tidak mempermasalahkan WNA, silahkan saja beraktivitas seperti menjalankan bisnis sebagai investor tapi semuanya harus legal. Tetapi yang kita khawatir kan ini ada yang mengatasnamakan namun tidak ada bukti jelas," tambah Arinal.

Potensi tersebut di Lampung tinggi karena Lampung berada di daerah yang dekat dengan DKI Jakarta. Kemudian kondisi ekonomi Lampung juga baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: