Mengenal Ukuran Kertas dan Penggunaannya yang Tepat

Mengenal Ukuran Kertas dan Penggunaannya yang Tepat

Mengenal Ukuran Kertas dan Penggunaannya yang Tepat-@Abdouj -Pixabay.com

RADARLAMPUNG.CO.ID - Anda bisa meremasnya, melipat, mencetak tulisan dan gambar, atau bahkan menulis di atas selembar kertas. Singkatnya, selembar kertas bisa menjadi media untuk banyak hal.

Namun demikian, tidak semua orang setuju mengenai ukuran kertas yang tepat untuk digunakan di setiap aktivitas Anda.

Terlepas dari mereknya, baik itu Paperone atau yang lainnya, ukuran A4, A3 atau A lainnya bisa menimbulkan perdebatan sengit sebagai media cetak yang pas untuk dipilih.

Harus diakui bahwa setiap kertas memiliki ukurannya masing-masing. Mulai dari kartu index, kertas kartu nama, kartu pos hingga kertas koran memiliki panjang dan lebarnya masing-masing.

BACA JUGA:5 Faktor yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Bisnis Laris

Dan bila Anda seorang fotografer atau desainer, hal yang harus Anda tahu dan pahami adalah ukuran kertas dan keuntungan yang bisa didapat di setiap lembarnya.

Faktanya, ukuran kertas di masing-masing negara berbeda-beda. Jika anda berada di Amerika Serikat dan Kanada, jenis ukuran kertas yang umum digunakan adalah letter.

Sementara di Eropa dan Asia, ukuran A4 menjadi yang familiar digunakan untuk sebagai media cetak. Karena itu, penting sekali mengetahui macam-macam ukuran kertas dan penggunaan yang tepat untuk setiap ukuran. 

Dalam sejarahnya, standar ukuran kertas didasarkan aspek rasio pada suatu surat yang ditulis peneliti Jerman Georg Christoph Lichtenberg pada 25 Oktober 1786.

BACA JUGA:Ternyata, Ini Cara Mengatasi Murai Batu Tiba-tiba Menggelepar Seperti Akan Mati

Dia meyakini ukuran kertas harusnya memiliki aspek rasio yang sama, di mana lebar dan panjang suatu halaman memiliki keterkaitan dengan panjang sisi dan garis diagonal suatu persegi.

Pada akhirnya, standar tersebut kini dinamai standar ISO 216, yang mana standar ukuran tersebut digunakan di seluruh dunia dan ditentukan dengan huruf A, B dan C.

Setelah mengetahui sejarah singkat dari ukuran kertas, mari kita melihat ukuran kertas yang ada saat ini. Pembagiannya bisa dilihat di bawah ini!

BACA JUGA:Punya Masalah Kulit Belang? Simak Tips Mudah Pakai Sunscreen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: