Tanggap Siaga! Gerak Cepat Pemkab Lampura Bantu Warga Terdampak Banjir dan Tanah Longsor

Tanggap Siaga! Gerak Cepat Pemkab Lampura Bantu Warga Terdampak Banjir dan Tanah Longsor

Sekkab Lampura Drs. Lekok MM Saat memberi bantuan dari pemkab lampura--

RADARLAMPUNG.CO.ID -  Pemerintah Kabupaten Lampung Utara (Lampura) tanggap siaga, sigap membantu warga terdampak banjir. Pasca, hujan deras yang terjadi beberapa hari belakang dikabupaten tertua di Lampung itu.

Sesuai intruksi kepala daerah, jajaran Pemerintah Kabupaten Lampura (OPD) Sigap membantu warga yang terdampak. Seperti sebelumnya dilaksanakan oleh rombongan TP -PKK kabupaten, kini giat serupa juga  dilaksanakan oleh Ketua Tim Penanggulangan Bencana Daerah, Drs Lekok MM, sekaligus Sekretaris Daerah (Sekda) Lampura dan OPD dengan berkunjung ke beberapa titik yang menjadi daerah terdampak banjir di Kotabumi dan sekitarnya.

"Selain memantau kondisi dilapangan, kita (OPD) langsung turun dan memberikan buah tangan yang sangat diperlukan oleh masyarakat saat ini. Seperti nasi bungkus misalnya, karena itu memang sesuai keinginan warga terdampak banjir," kata Bang Lekok, sapaan akrab Sekkab Lampura Jumat, 10 Maret 2023.

Menurut Bang Lekok, hal terpenting saat ini adalah bagaimana pemerintah dapat hadir ditengah - tengah masyarakat yang terdampak. Seperti yang telah dilaksanakan selama ini, mulai dari OPD, satker sampai kepada perangkat desa/kelurahan dapat sigap membantu di lapangan. 

BACA JUGA:Kembali Longsor di Jalinbar, Mobil Avanza Terhimpit Material Longsor

Terutama masalah evakuasi dan pengawasan, sehingga dipercaya dapat meminimalisir dampak ikutannya.

"Kita itu, ada namanya satgas penanggulangan bencana. Yang terdiri dari berbagai dinas/instansi dibantu aparat keamanan (TNI-Polri) dan unsur terkait. Pertama - pertama dilakukan adalah evakuasi, bagaimana menyelematkan warga terdampak hingga tak mengalami kerugian mendalam," tandasnya.

Lantas, menyiapkan tenda - tenda darurat yang dapat digunakan sewaktu - waktu diperlukan. Kemudian ada juga posko penanggulangan bencana telah dibuat, bahkan patroli rutin dari petugas. 

Terutama TRC BPBD, yang senantiasa berpatroli memantau situasi terkini dibantu aparat terkait lainnya sampai diwilayah perdesaan.

BACA JUGA:Hujan Deras, Jembatan Antar Desa Putus

"Mudah - mudahan permasalahan ini tidak berlarut - larut, sebab dari pengalaman biasa numpang lewat saja," hiburnya.

Terkait rencana pemberian bantuan lebih lanjut seperti harapan masyarakat, dijelaskannya pemerintah sedang berupaya maksimal dalam memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya mereka terdampak banjir. 

Pihaknya telah melakukan langkah - langkah strategis, dan saat ini masuk pada tahap identifikasi persoalan paska banjir bandang disejumlah wilayah disana.

Sehingga dapat memaksimalkan sumber daya dimiliki, guna memberikan rasa aman, nyaman dan damai ditengah hiruk - pikuk persoalan banjir disana. Sekaligus, mampu menjawab pertanyaan dari penduduknya terkait penanganan pasca banjir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: