Antisipasi Kelelahan, Tahun Ini Jemaah Haji Indonesia Kembali Dapatkan Layanan Fast Track

Antisipasi Kelelahan, Tahun Ini Jemaah Haji Indonesia Kembali Dapatkan Layanan Fast Track

Calon Jemaah Haji Indonesia akan mendapatkan layanan fast track sehingga membantu agar tidak cepat merasa lelah. ILUSTRASI/FOTO PIXABAY.COM--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Kementerian Agama bersama Pemerintahan Arab Saudi kembali menyetujui untuk memberikan layanan fast track kepada para Jemaah Haji Indonesia tahun 2023.

Melalui layanan fast track yang diberikan kepada para Jemaah Haji Indonesia dinilai dapat memberikan kemudahan dan membantu para Jemaah Haji agar tidak cepat merasa lelah.

Hal ini disampaikan langsung oleh Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Hilman Latief dalam pertemuannya dengan Delegasi Arab Saudi di Kantor Kedutaan Besar Arab Saudi di Kuningan, Jakarta, pada Kamis kemarin, 9 Maret 2023.

Telah disepakati bahwa, tahun ini fast track akan dilaksanakan mulai di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

BACA JUGA: Begini Cara Cek Estimasi Keberangkatan Haji, Bisa lewat HP

Fast track yang dilaksanakan di Bandara Soekarno-Hatta akan berlaku bagi jamaah dari DKI Jakarta, Banten, Lampung, dan sebagian Jawa Barat.

Dilansir dari laman kemenag,  jumlah Jemaah Haji yang akan dilayani dengan fast track sebanyak 55.321 jemaah.

Saiful Mujab selaku Direktur Layanan Haji Dalam Negeri yang ikut hadir dalam pertemuan itu pun meminta untuk segera mindaklanjuti layanan Fast Track agar lebih awal.

Maka dari itu, Siaful meminta Mou antara Indonesia dengan Pihak Arab Saudi segera dilakukan demi terwujudnya kemudahan para Jemaah Haji Indonesia tahun 2023.

BACA JUGA: Kuota Haji Per Provinsi Resmi Diumumkan, Segini yang Diterima Lampung

Adapun layanan Fast Track sejatinya sudah di mulai sejak tahun 2018. Di mana melalui pelayanan tersebut para Jemaah Haji Indonesia tidak perlu lagi menjalani pemeriksaan imigrasi ketika sudah tiba di Arab Saudi.

Pada rapat konsolidasi ini juga dibahas dalam penggunaan Aplikasi Visa Bio yang nantinya akan digunakan seluruh jemaah haji Indonesia 1444 Hijriah tahun 2023.

Adapun aplikasi ini akan digunakan dalam proses penerbitan visa melalui pendaftaran fitur biometrik wajah, sidik jari dan fotokopi paspor.

Melalui aplikasi Visa Bio, para Jemaah Haji bisa melakukan pendaftaran Visa secara mandiri tanpa perlu mengunjungi Kedutaan dan Konsulat Arab Saudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: