Tak Ingin Kecolongan Pemkab Mesuji Terus Tumpas Penyakit PMK pada Hewan Ternak

Tak Ingin Kecolongan Pemkab Mesuji Terus Tumpas Penyakit PMK pada Hewan Ternak

Petugas kesehatan hewan dikawal aparat kepolisian menyuntikkan vaksin PMK. Foto Dok. Polsek Penawar Tama--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Meski saat ini wabah virus penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak semakin terkendali. Namun, Pemerintah Kabupaten Mesuji tak mau kecolongan.

Melalui bidang peternakan dinas pertanian Kabupaten Mesuji terus melakukan vaksinasi PMK kepada hewan ternak milik warga di Kabupaten berjuluk Bumi Ragab Begawe Caram ini.

Menurut Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Mesuji Joni Hendri jika tahun ini pihaknya mendapat batuan 4.600 dosis vaksin PMK dari Dinas Peternakan Provinsi Lampung.

"Jadi untuk vaksinasi PMK, tahun ini kita targetkan sesuai jumlah bantuan dari provinsi,4.600 dosis," kata Joni mewakili Kepala Distan Mesuji Pariman, Jumat 17 Maret 2023.

Selain itu dia menyebutkan, bahwa pada awal Maret 2023, pihaknya sudah melakukan vaksinasi PMK jenis aftogen sebanyak 665 dosis.

"Vaksinasi ini berikan kepada hewan ternak sapi di 25 desa pada enam kecamatan," ungkapnya.

Salain melalui vaksinasi, upaya pencegahan penularan virus PMK juga dilakukan melalui sosialisasi kepada masyarakat pemilik ternak.

Jadi Masyarakat pemilik ternak diminta rutin membersikan kandang minimal seminggu sekali. 

"Pakan juga harus yang baik. Jika hewan ternak bergejala seperti, demam dengan suhu tubu 41 derajat celcius, tidak nafsu makan, dan keluar air liur berlebihan segera laporkan ke pihak terkait agar secepatnya bisa ditangani," harapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: