Nasional Halal Fair Akan Digelar di 8 Provinsi Se Indonesia, Ini Jadwal Lengkapnya

Nasional Halal Fair Akan Digelar di 8 Provinsi Se Indonesia, Ini Jadwal Lengkapnya

Direktur Infrastruktur Ekosistem KNEKS, Sutan Emir Hidayat--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Nasional Halal Fair 2023 bakal digelar di 8 Provinsi se Indonesia. Termasuk salah satunya akan digelar di Provinsi Lampung.

Dalam Digital Press Confrense dan Media Gathering dalam perilisan event Nasional Halal Fair 2023 yang digelar melalui Zoom Meeting pada Selasa, 21 Maret 2023 ini, Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) menjelaskan rangkaian kegiatan yang masuk dalam Nasional Halal Fair 2023.

Sutan Emir Hidayat selaku Direktur Infrastruktur Ekosistem (KNEKS) mengatakan saat ini benyuk usaha di Indonesia sebanyak 99 persennya berupa UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), dan UMKM juga menyumbang PDB (Produk Domestik Bruto) nasional lebih dari 60 persen.

”UMKM juga menyerap 96,9% tenaga kerja di tingkat nasional. Karena melihat pentingnya UMKM dan karena Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduk muslim tentu UMKM kita juga ingin memproduksi barang dan jasa yang halal. Oleh karena itu, kami merasa ekonomi syariah yang ada di seluruh Indonesia perlu membuat suatu kegiatan yang bersifat nasional yang dinamakan national halal fair,” kata Sutan.

BACA JUGA:Simak, Tips Tidur Siang Paling Efektif

Kegiatan ini sendiri di harapkan menjadi salah satu cara untuk KNEKS bisa mempromosikan produk-produk para UMKM yang tentunya halal kepada masyarakat.

Nasional Halal Fair juga diharapkan dapat membangkitkan perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan UMKM di bulan suci Ramadan.

”Sehingga juga kita bisa gunakan untuk pajang memperkuat tali silaturahmi kita. Nasional Halal Fair 2023 juga insyaallah akan diselenggarakan secara serentak di 8 provinsi di bulan Ramadan,” tambahnya.

Delapan Provinsi tersebut diantaranya DKI Jakarta, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Lampung, Riau, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Barat.

BACA JUGA:Unila Sumbangkan 126.172 Lulusan

Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan literasi masyarakat mengenai penerapan ekonomi syariah dan juga meningkatkan image dan visibilitas produk halal, menambah jejaring atau network, mensinergikan agenda Ramadan di berbagai macam daerah di berbagai macam provinsi guna dapat beraksi energi dan mengakselerasi peningkatan literasi ekonomi dan keuangan syariah.

Rangkaian kegiatan yang akan dilakukan berupa Nusantara Bazar, kegiatan jual beli oleh masyarakat dan pelaku UMKM di bidang makanan dan minuman, modest fesyen, dan aksesoris.

Kemudian Literasi, kegiatan untuk meningkatkan pemahaman ekonomi dan keuangan syariah, diantaranya dongeng penerapan ekonomi syariah, konsultasi halal, perencanaan keuangan, kultum menjelang berbuka puasa, dan Spot foto yang bisa di akses oleh seluruh pengunjung.

Kompetisi, kegiatan lomba bertema Ramadhan, seperti Lomba Da’i Cilik, Lomba Adzan, Lomba Menggambar, Lomba Fotografi untuk anak-anak usia 6-15 tahun. Talkshow, membahas tentang ekonomi dan keuangan syariah, serta penerapan gaya hidup halal (halal lifestyle).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: